Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kopi Takar Cafe Padangsidimpuan
View/ Open
Date
2023-07-20Author
Ritonga, Rais Muda Habibie
Yanuar, Rahmat
Priatna, Wahyu Budi
Metadata
Show full item recordAbstract
Kopi menjadi salah satu komoditas yang popular untuk dikonsumsi oleh berbagai masyarakat Indonesia baik orang dewasa, remaja maupun orang tua. Sehingga Kopi sangat tepat untuk dijadikan bisnis khususnya di Indonesia. Banyak sekali bisnis Kopi yang sudah menjamur di seluruh nusantara. Kopi Takar Cafe adalah sebuah tempat Cafe yang ada di daerah Padangsidimpuan Dalam menghadapi persaingan dengan bisnis kuliner lainnya di sekitar lokasi, penyediaan alat produksi dan kualitas produk Kopi Takar Café dibuat seoptimal mungkin. Untuk meningkatkan penjualan, beberapa upaya pemasaran telah dilakukan seperti melakukan potongan harga saat bulan puasa dan menerima jasa catering. Namun, dalam penjualan 6 (enam) bulan terakhir Kopi Takar Café mengalami penurunan. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis karakteristik konsumen Kopi Takar Café, menganalisis proses pengambilan keputusan konsumen, menganalisis bauran pemasaran Kopi Takar Cafe, menganalisis tingkat kepuasan konsumen Kopi Takar Cafe. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 105 responden. Hasil Penelitian yang menunjukkan bahwa karakteristik konsumen Kopi Takar Cafe secara umum dengan rentang usia 26-35 sebanyak 34%. Berdasarkan hasil analisis Customer Satisfaction Index (CSI), tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut Kopi Takar Café adalah 88,38. Analisis Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa dekorasi dan ketanggapan karyawan menjadi prioritas utama.
Collections
- UT - Agribusiness [4530]