Fear of Missing Out dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Investasi Saham pada Generasi Milenial dan Zilenial
Abstract
Kecanggihan teknologi serta banyaknya informasi membuat berinvestasi
saham di pasar modal saat ini semakin mudah. Tahun 2020 ke 2021 investor baru
tumbuh secara signifikan sebesar 103,6%. Namun, peningkatan jumlah investor
ini tidak diimbangi dengan peningkatan literasi keuangan di masyarakat.
Penelitian ini bertujuan menganalisis karakteristik, kecenderungan fomo (fear of
missing out), dan faktor-faktor yang memengaruhi niat investasi pengguna aplikasi
Ajaib Sekuritas. Penelitian menggunakan data primer dari 180 responden. Data
dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square
Analysis (SEM- PLS) menggunakan software SmartPLS 4 dengan model acuan
UTAUT 2. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa variabel social influence,
satisfaction, dan price value yang memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap niat investasi.
Collections
- UT - Syariah Economic [400]