Show simple item record

dc.contributor.advisorSuharno
dc.contributor.authorSaputri, Dhea Ayu
dc.date.accessioned2023-06-28T16:16:36Z
dc.date.available2023-06-28T16:16:36Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/120452
dc.description.abstractKecap Bango merupakan salah satu pionir dalam industri kecap manis yang menguasai sebagian besar pangsa pasar. Berdasarkan survei Top Brand Award, indeks kecap Bango berturut-turut mengalami penurunan dari tahun 2020 hingga 2023. Perlu adanya upaya peningkatan kinerja untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan meningkatkan daya saing sehingga dapat bertahan memimpin pasar. Kabupaten Bekasi merupakan wilayah dengan volume konsumsi kecap tertinggi di Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen dan proses keputusan pembelian, menganalisis tingkat kepuasan, dan menganalisis kinerja atribut yang memengaruhi kepuasan konsumen kecap Bango di Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui survei daring dengan sampel 130 responden. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden adalah perempuan muda bersuku Jawa dan memiliki keputusan pembelian otonom. Nilai CSI kecap Bango sebesar 82.89 persen yang berada pada kriteria “sangat puas”. Berdasarkan hasil IPA, atribut keterjangkauan harga dan rasa manis merupakan atribut yang perlu perbaikan kinerja guna meningkatkan kepuasan konsumen.id
dc.description.abstractBango is one of the pioneers in the sweet soy sauce industry which controls most of the market share. Based on the Top Brand Award survey, the Bango soy sauce index has decreased successively from 2020 to 2023. Efforts are needed to improve performance to meet consumer needs and increase competitiveness so that it can continue to lead the market. Bekasi Regency is the region with the highest volume of soy sauce consumption in West Java. This study aims to identify consumer characteristics and purchase decision processes, analyze satisfaction levels, and analyze performance attributes that affect consumer satisfaction of Bango soy sauce in Bekasi Regency. This study uses primary data obtained through an online survey with a sample of 130 respondents. Data were analyzed using descriptive analysis, Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance Performance Analysis (IPA). The results showed that most of the respondents were young Javanese women and have an autonomous purchasing decision. The CSI value of Bango soy sauce was 82.89 percent which was in the "very satisfied" criteria. Based on the IPA results, the attributes of affordability and sweet taste are the attributes that need to be improved in order to increase customer satisfaction.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Kepuasan Konsumen Kecap Manis Bango di Kabupaten Bekasiid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordcharacteristicsid
dc.subject.keywordpurchasing decisionsid
dc.subject.keywordsatisfactionid
dc.subject.keywordsweet soy sauceid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record