Show simple item record

dc.contributor.authorHannis, Rifa
dc.contributor.authorFalatehan, A. Faroby
dc.contributor.authorRaswatie, Fitria Dewi
dc.date.accessioned2023-06-27T04:40:27Z
dc.date.available2023-06-27T04:40:27Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/120303
dc.description.abstractIndonesia merupakan negara penghasil vanili kedua terbesar di dunia. Pasar tujuan utama ekspor vanili Indonesia adalah negara maju. Hal ini mengakibatkan ketergantungan ekspor terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi pasar ekspor vanili Indonesia lain yaitu ASEAN untuk periode 2011-2020. Metode yang digunakan yaitu RCA, EPD, X-Model, Gravity Model, dan Porter’s Diamond. Hasil RCA menunjukkan vanili Indonesia memiliki keunggulan komparatif di pasar ASEAN. Analisis EPD menunjukkan bahwa posisi pasar vanili Indonesia di Singapura dan Thailand falling star dan posisi retreat di Malaysia. Hasil analisis X- Model menunjukkan Indonesia memiliki pasar potensial di Singapura dan Thailand, namun pasar kurang potensial di Malaysia. Variabel harga vanili Perancis, GDP riil Indonesia, GDP riil negara tujuan, jarak ekonomi, dan nilai tukar riil memiliki pengaruh signifikan terhadap ekspor vanili Indonesia. Hasil analisis Porter’s Diamond menunjukkan bahwa Industri Penunjang dan Kebijakan Pemerintah paling banyak mendukung daya saing vanili Indoensia, sementara faktor lainnya perlu ditingkatkan.id
dc.language.isoidid
dc.subject.ddcExportid
dc.subject.ddcGravity Modelid
dc.titleAnalisis Daya Saing dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ekspor Vanili Indonesia di Pasar ASEANid
dc.typeArticleid
dc.subject.keywordEPDid
dc.subject.keywordX-Modelid
dc.subject.keywordRCAid
dc.subject.keywordPorter's Diamondid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record