Analisis Daya Saing dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ekspor Vanili Indonesia di Pasar ASEAN
View/ Open
Date
2023Author
Hannis, Rifa
Falatehan, A. Faroby
Raswatie, Fitria Dewi
Metadata
Show full item recordAbstract
Indonesia merupakan negara penghasil vanili kedua terbesar di dunia. Pasar tujuan utama ekspor
vanili Indonesia adalah negara maju. Hal ini mengakibatkan ketergantungan ekspor terjadi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi pasar ekspor vanili Indonesia lain yaitu ASEAN
untuk periode 2011-2020. Metode yang digunakan yaitu RCA, EPD, X-Model, Gravity Model, dan Porter’s
Diamond. Hasil RCA menunjukkan vanili Indonesia memiliki keunggulan komparatif di pasar ASEAN.
Analisis EPD menunjukkan bahwa posisi pasar vanili Indonesia di Singapura dan Thailand falling star
dan posisi retreat di Malaysia. Hasil analisis X- Model menunjukkan Indonesia memiliki pasar
potensial di Singapura dan Thailand, namun pasar kurang potensial di Malaysia. Variabel harga
vanili Perancis, GDP riil Indonesia, GDP riil negara tujuan, jarak ekonomi, dan nilai tukar riil
memiliki pengaruh signifikan terhadap ekspor vanili Indonesia. Hasil analisis Porter’s Diamond
menunjukkan bahwa Industri Penunjang dan Kebijakan Pemerintah paling banyak mendukung daya saing
vanili Indoensia, sementara faktor
lainnya perlu ditingkatkan.