Strategi Pengembangan Soekapi Bogor Melalui Pendekatan Business Model Canvas
Abstract
Soekapi adalah salah satu restoran dan cafe yang menerapkan konsep back to nature dengan
memadukan wisata alam dan camping ground. Soekapi didirikan di bulan February 2021. Penjualan
produk yang terjadi di Soekapi mengalami fluktuasi yang lumayan besar dan dalam beberapa bulan
masih belum bisa mencapai target penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan dan
merekomendasikan starategi pengembangan bisnis pada Soekapi dengan menggunakan Business
Model Canvas. Metode analisis yang digunakaan adalah Business Model Canvas dan analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bisnis model yang diterapkan Soekapi sudah baik, namun
terdapat beberpa bulan yang belum mencapai target. Analisis SWOT menghasilkan tujuh alternatif
startegi, yaitu memanfaatkan lahan dengan inovasi yang lebih menarik, meningkatkan daya saing
dan kridebilitas perusahaan melalui produk dan layanan, mengembangkan pelayanan wisata
dengan mengusung nilai pengalaman wisata peternakan, memanfaatkan media dan teknologi digital
untuk aktivitas promosi dan pemasaran, membangun fasilitas indoor baru, meningkatkan
pelayanan dengan memenuhi kebutuhan yang diinginkan pelangan, meningkatkan kinerja
manajemen sumber daya manusia Soekapi is a restaurant and cafe that applies the concept of going back to
nature by combining nature tourism and camping ground. Soekapi was founded in
February 2021. Product sales in Soekap experienced quite large fluctuations, and
within a few months, they still could not reach the sales target. This research
proposes and recommends a business development strategy for Soekapi using the
Business Model Canvas. The analytical method used is the Business Model
Canvas and SWOT analysis. The results showed that the business model applied
by Soekap was good, but there were several months when the target had not been
reached. The SWOT analysis resulted in seven strategic alternatives, namely
utilizing land with more attractive innovations, increasing the competitiveness
and credibility of companies through products and services, developing tourism
services by carrying the value of the livestock tourism experience, utilizing digital
media and technology for promotional and marketing activities, building facilities
new indoor, improve services by meeting the needs of customers, improve the
performance of human resource management.
Collections
- UT - Agribusiness [4768]
