Show simple item record

dc.contributor.authorNurmasari, Desi
dc.date.accessioned2010-05-05T03:36:06Z
dc.date.available2010-05-05T03:36:06Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/11905
dc.description.abstractIndonesia memiliki keanekaragaman hayati (biodiversity) nomor tiga terbesar di dunia. Kekayaan alam yang melimpah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber plasma nutfah atau genetik yang dapat dijadikan sebagai areal wisata. Selain itu, kondisi tanah dan iklim yang beragam juga merupakan aset yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung atau berwisata ke Indonesia. Sektor pariwisata Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Salah satu bagian dari pariwisata adalah agrowisata yang merupakan bagian dari objek wisata yang memanfaatkan usaha pertanian (agro) sebagai objek wisata. Agrowisata di bidang perikanan yang menarik salah satunya adalah wisata mancing. Bogor dan daerah sekitarnya merupakan daerah rekreasi yang didalamnya juga berpotensi untuk dikembangkan sebagai lokasi wisata khususnya wisata mancing. Salah satu objek wisata mancing yang ada di Bogor adalah wisata mancing Fishing Valley Bogor yang menyediakan sistem pemancingan galatama sebagai produk utamanya. Bertambahnya jumlah pemancingan khususnya yang menyediakan sistem galatama merupakan ancaman persaingan bagi Fishing Valley. Kesamaan jasa yang ditawarkan oleh masing-masing pemancingan yang menyediakan sistem galatama membuat konsumen sulit untuk membedakan masing-masing pemancingan. Oleh karena itu, setiap pemancingan yang menyediakan sistem galatama khususnya dalam hal ini wisata mancing Fishing valley harus mengetahui posisi produk usaha pemancingan mereka dimata konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi karakteristik konsumen pemancingan Fishing Valley, (2) menganalisis positioning pemancingan Fishing Valley berdasarkan persepsi konsumen, dan (3) Merumuskan implikasi dari positioning pemancingan Fishing Valley terhadap kebijakan manajerial perusahaan. Wisata mancing Fishing Valley Bogor terletak di Jalan Raya Pemda No. 107, Cibinong, Bogor Barat. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja. Penelitian dilakukan dengan survey konsumen melalui penyebaran kuesioner responden. Pengumpulan data dilakukan pada bulan April 2009-Juni 2009. Pengambilan responden dilakukan dengan menggunkan metode judgment sampling dengan jumlah responden 95 orang. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen galatama dan analisis Biplot untuk menganalisis persepsi konsumen terhadap atribut-atribut yang ditanyakan. Objek penelitian ini adalah wisata mancing Fishing Valley Bogor dengan pesaing-pesaingnya yaitu pemancingan Telaga Fajar/Mulya, Pemancingan Telaga Cibubur, Pemancingan Telaga Mina, dan Pemancingan Telaga Arwana. Atribut-atribut yang digunakan berasal dari survey yang dilakukan terlebih dahulu sebelum kuesioner disebarkan. Terdapat 14 atribut/peubah yaitu jumlah ikan, variasi ikan, ukuran ikan, kebersihan kolam, luas kolam, fasilitas tambahan pada kolam, harga, sistem pemancingan, fasilitas penunjang, sikap pelayan, kecepatan pelayanan, suasana tempat pemancingan, aksesibilitas, dan keamanan Hasil identifikasi karakteristik konsumen menunjukkan bahwa responden galatama Fishing Valley sebagian besar bertempat tinggal di Bogor, berjenis kelamin laki-laki, berusia antara 31-40 tahun, berpendidikan SMU, sudah menikah, bekerja sebagai wiraswasta, dan mempunyai pengeluaran per bulan lebih dari Rp 5.000.000. Berdasarkan proses keputusan pembelian sebagian besar alasan konsumen memancing adalah karena hobi dengan manfaat yang ingin didapat berupa rekreasi/hiburan. Sebagian besar konsumen galatama pemancingan FV mendapatkan informasi tentang pemancingan yang pernah mereka kunjungi adalah dari teman/kenalan mereka. Konsumen akan memilih pemancingan yang memberikan kenyamanan bagi mereka. Konsumen yang memancing galatama di FV, sebagian besar merencanakan kunjungannya untuk memancing di FV dalam waktu yang singkat (misalnya, merencanakan memancing pada pagi hari dan melakukan aktivitas memancing pada sore hari pada hari yang sama), dengan alasan karena kedekatan jarak tempat tinggal konsumen dengan pemancingan FV, pada hari kerja dengan frekuensi waktu kunjungan lebih dari 4x per bulan, ditemani oleh teman/kenalan mereka, tidak dipengaruhi oleh orang lain (sendiri), merasa biasa saja setelah berkunjung ke FV serta bersedia merekomendasikan FV kepada orang lain. Berdasarkan analisis Biplot diketahui bahwa pemancingan Fishing Valley diposisiskan sebagai pemancingan dengan jenis ikan dan sistem pemancingan yang beragam. Hal tersebut menjadi keunggulan/kelebihan pemancingan Fishing Valley dibandingkan pemancingan yang menjadi pembandingnya. Perumusan kebijakan manajerial berdasarkan bauran 7P, yaitu Product (produk), Price (Harga), Place (tempat/distribusi), Promotion (promosi), Physical Evidence (bukti fisik), Process (proses) , dan Person (orang). Berdasarkan strategi produk, perusahaan sebaiknya menambah jumlah ikan paling tidak sama dengan jumlah ikan di pemancingan lain yaitu sebanyak 20-30 ton, sehingga kurang lebih FV harus menambah jumlah ikannya sebanyak 10-12 ton lagi dan memperbesar ukuran ikan yang ada di kolam galatama khususnya ikan babon paling kecil ukurannya 5 kilogram per ekor. Strategi harga, perusahaan harus mempertahankan harga yang ditawarkan saat ini. Strategi tempat, perusahaan sebaiknya menggunakan papan nama yang lebih menonjolkan bahwa tempat tersebut adalah pemancingan. Strategi promosi, perusahaan sebaiknya meletakkan brosur dan pamflet ditempat yang lebih strategis. Strategi bukti Fisik, perusahaan sebaiknya menambah dan memperbaiki fasilitas diperlukan untuk lebih memberikan kenyamanan kepada konsumen. Strategi proses, perusahaan sebaiknya meningkatkan agi pelayanannya khususnya kecepatan pelayanan. Dan yang terakhir strategi orang, perusahaan sebaiknya menjalin hubungan yang baik dengan konsumen.id
dc.titlePositioning pada Wisata Mancing Fishing Valley Bogorid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record