View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Human Ecology
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Human Ecology
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Dinamika Politik Pemberdayaan dalam Corporate Social Responsibility (CSR): Studi Kasus Program CSR PT. Holcim Indonesia Pabrik Narogong di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

      Thumbnail
      View/Open
      Full text (1.750Mb)
      Date
      2012
      Author
      Siwi, Mahmudi
      Sumarti, Titik
      Nasdian, Fredian Tonny
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Dinamika Pemberdayaan Politik dalam Corporate Social Responsibility (CSR) ditentukan oleh kontestasi pengetahuan dan kekuasaan dalam pengelolaan program CSR. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis bentuk kekuatan pengetahuan di tingkat negara, perusahaan dan masyarakat terkait pengelolaan program CSR, (2) menganalisis konflik politik (kepentingan dan kekuasaan) yang terjadi di tiga lembaga sosial tersebut. ruang tentang pengelolaan program CSR, dan (3) menganalisis dinamika politik pemberdayaan terkait pengelolaan program CSR dalam rangka mencapai partisipasi dan keberdayaan masyarakat. Penelitian telah dilakukan di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis dan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga bentuk pengetahuan dalam konstruksi kekuatan terkait pengelolaan program CSR. Pertama, bentuk kekuatan pengetahuan yang terjadi dalam hubungan masyarakat lokal dan pemerintah, mendefinisikan CSR sebagai program bantuan. Kedua, bentuk kekuatan pengetahuan yang terjadi dalam hubungan masyarakat dan perusahaan menggambarkan bahwa program CSR sebagai bantuan dan kewajiban perusahaan. Ketiga, bentuk kekuatan pengetahuan pada hubungan antara pemerintah dan korporasi menggambarkan bahwa program CSR sebagai kewajiban korporasi. Konstruksi kekuatan pengetahuan menjadi predisposisi terjadinya kontestasi kepentingan yang berdampak pada semakin marjinalnya masyarakat lokal yang miskin. CSR sebagai strategi bisnis berasal dari etika kapitalisme. Oleh karena itu, pengetahuan yang dikonstruksikan lebih memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat di tingkat atas (elite lokal, pemerintah dan korporasi). Akibatnya, program CSR menjadi bias kepentingan elit desa, sedangkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat belum tercapai.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118239
      Collections
      • MT - Human Ecology [2394]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository