Show simple item record

dc.contributor.advisorHadiyanto
dc.contributor.authorAndika, Gamal Nur
dc.date.accessioned2023-04-10T05:31:58Z
dc.date.available2023-04-10T05:31:58Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/117057
dc.description.abstractBerbagai langkah preventif dilakukan untuk mengatasi penyebaran virus Covid-19, salah satunya dengan program vaksinasi Covid-19. Akan tetapi, masih terdapat masyarakat yang ragu dan kurang percaya untuk menerima vaksin Covid19. Oleh karenanya, pemerintah membentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). Melalui media Instagram @lawancovid_id, KPCPEN melakukan berbagai kampanye salah satunya kampanye #VaksinHarusLengkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas kampanye #VaksinHarusLengkap dalam mendorong masyarakat untuk dapat mengikuti program vaskinasi Covid-19 dengan dosis lengkap. Penelitian menggunakan metode survey dengan instrumen kuisoner melalui platform Google-Form yang disebarkan kepada 70 responden sebagai pengikut akun @lawancovid19_id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kampanye berada pada kategori tinggi untuk aspek tingkat pengetahuan dan berada pada kategori sedang untuk aspek tingkat sikap dan perilaku. Hubungan nyata ditemukan antara karakteristik individu pada variable usia dan tingkat pendidikan dengan efektivitas kampanye komunikasi pada aspek sikap. Selain itu, terdapat hubungan nyata lainnya yang ditemukan antara strategi pesan kampanye dengan efektivitas kampanye komunikasi.id
dc.description.abstractVarious preventive steps have been taken to overcome the spread of the Covid-19 virus, one of which is the Covid-19 vaccination program. However, some people are doubtful in receiving the Covid-19 vaccine. Therefore, the government formed the Committee for Handling Covid-19 and National Economic Recovery (KPCPEN). Through the media Instagram @lawancovid_id, KPCPEN conducts various campaigns, one of which was the #VaksinHarusLengkap campaign. This study aimed to analyze the effectiveness of the #VaksinHarusLengkap campaign in encouraging people to take part in the full dose of the Covid-19 vaccination. The research used a survey method with a questionnaire instrument via the Google-Form, distributed to 70 respondents of the @lawancovid19_id’s followers. This research shows that the effectiveness of communication campaigns has the highest rate for changes of knowledge, and a moderate rate for changes of attitudes and bebehaviorsSignificant relationships were found between individual characteristics on indicators of age and level of education with the effectiveness of communication campaigns on the attitude aspect. In addition, there is another real relationship between message strategies and the effectiveness of communication campaigns.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleEfektivitas Kampanye Komunikasi #VaksinHarusLengkap dalam Mendukung Program Vaksinasi Covid-19.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordeffectivenessid
dc.subject.keywordcampaignid
dc.subject.keywordmessage strategyid
dc.subject.keywordvaccineid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record