Strategi Pengembangan Usaha Pada Coffee Shop Int.Space Pasca Covid 19 Di Kota Rangkasbitung
Date
2022-12-12Author
Saptaji, Moh Faqih Dwi
Hubeis, Musa
Zulbainarni, Nimmi
Metadata
Show full item recordAbstract
Covid -19 telah mengguncang dunia beberapa waktu yang lalu, dari data yang di tunjukan Oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) peningkatan dari hari ke hari jumlah pasien terinfeksi virus Covid-19 semakin meningkat 20% perharinya . Hal ini menyebabkan terganggunya sektor ekonomi dalam segala bidang, termasuk sangat berdampak terhadap Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM),salah satunya adalah bidang usaha Coffee Shop. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan Strategi Pengembangan Usaha untuk meningkatkan penjualan Coffee Shop di pasca Covid-19. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan lima narasumber yaitu Pemilik Coffee Shop Int.Space, Konsumen Coffee Shop Int.Space, Dinas Pawisata Bidang Ekonomi Kreatif, Konsultan Food&Beverage, dan Dinas Kesehatan; serta data sekunder diperoleh dari studi literatur, internet, dan instansi terkait. Pengolahan data penelitian ini menggunakan Analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats (SWOT) untuk memposisikan Coffee Shop Int.Space dan selanjutnya ditetapkan strategi pengembangan usaha yang tepat dengan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Dari analisis tersebut diperoleh tujuan yaitu meningkatkan penjualan melalui alternatif strategi pengembangan produk.
Collections
- MT - Business [409]