Perancangan Dashboard Retur Penjualan bagi Perusahaan Agroteknologi Berbasis Google Cloud
Date
2022-12-07Author
Widyawan, Muhammad Rifki
Noorachmat, Bambang Pramudya
Supriyanto
Metadata
Show full item recordAbstract
Retur penjualan merupakan risiko bisnis yang krusial bagi perusahaan
agroteknologi karena karakteristik produk pertanian segar yang mudah rusak dan
memiliki umur simpan singkat. Oleh sebab itu, perangkat analisis dan visualisasi
data yang telah dipersonalisasi sesuai kebutuhan pengguna diperlukan untuk
menangani isu retur penjualan. Penelitian ini bertujuan merancang dashboard retur
penjualan berbasis Google Cloud bagi perusahaan agroteknologi dengan metode
User Centered Design. Purwarupa dashboard dirancang dan dievaluasi hingga
memenuhi syarat pengguna dan perusahaan. Kemudian, purwarupa final diuji
dengan metode black-box testing dan System Usability Scale. Pengujian black-box
testing terhadap kegunaan sistem menunjukkan tingkat akurasi pengujian sebesar
100%. Pengujian System Usability Scale menghasilkan rata-rata nilai akhir sebesar
74,5. Nilai tersebut diklasifikasikan ke dalam grade C, berpredikat baik, dan
kegunaan sistemnya dianggap dapat diterima. Hasil kedua pengujian
mengindikasikan bahwa dashboard retur penjualan berhasil dikembangkan baik
dari aspek desain maupun fungsionalitasnya. Sales returns are critical business risk for agrotechnology company due to
perishable and short shelf-life characteristics of fresh agricultural products.
Therefore, personalized data analytics and visualization tools are required to handle
sales return issues. This research aims to design a Google Cloud-based sales return
dashboard for agrotechnology company with User Centered Design method.
Dashboard prototypes are designed and evaluated to meet user and enterprise
requirements. Then, the final prototype was tested using black-box testing method
and System Usability Scale. The results of the black-box testing for system usability
showed accuracy rates of 100%. The System Usability Scale test resulted in an
average final score of 74,5. These results are classified into grade C, adjective rating
of “good”, and acceptability rating of “acceptable”. The results of both testsindicate
that the sales return dashboard was successfully developed in terms of design and
functionality.