Motivational Access dan Ketidaksetaraan Digital di Kalangan Petani (Kasus: Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat)
Abstract
Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sektor pertanian belum sepenuhnya dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia dan menyebabkan ketidaksetaraan digital pada petani. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik individu dan motivasi digital pada petani, menganalisis kemampuan digital pada petani, menganalisis penggunaan media digital pada petani, menganalisis hubungan antara karakteristik individu dan digital terhadap kemampuan digital pada petani, dan menganalisis hubungan antara kemampuan digital terhadap tingkat penggunaan internet di kalangan petani. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi Rank Spearman dan Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik petani pada indikator usia, pendidikan, lama berusahatani, tingkat kosmopolit, dan tingkat kepemilikan media berhubungan dengan tingkat kemampuan digital sedangkan pada indikator luas lahan, status penguasaan lahan dan tingkat pendapatan tidak berhubungan. Motivational Access menunjukkan hubungan terhadap tingkat kemampuan petani di seluruh indikatornya dan kemampuan digital petani memiliki hubungan dengan penggunaan media. The use of Information and Communication Technology (ICT) in the agricultural sector has not been fully felt by all Indonesians and has led to digital inequality among farmers. The purpose of this study was to analyze individual and digital motivation of farmers, analyze digital skills of farmers, analyze the use of digital media on farmers, analyze the relationship between characteristics and access to digital motivation on digital skills of farmers, and analyze the relationship between digital skills and level of internet use. among farmers. Data analysis in this study used Spearman Rank correlation test and Chi-square. The results showed that the characteristics of farmers on indicators of age, education, length of farming, cosmopolitan level, and level of media ownership were related to the level of digital skills on indicators of land area, land ownership status and income levels were not related. Motivational access shows a relationship with the level of ability of farmers in all indicators and the ability of digital farmers to have a relationship with the use of media.