Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam terhadap Keberhasilan Usaha Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Cipanas)
Abstract
Pasar Cipanas merupakan pasar bersertifikasi SNI pertama di Cianjur, yang memiliki slogan Gerbang Marhamah (Gerakan Pembangunan Masyarakat Berakhlakul Karimah) dan mayoritas pedagangnya beragama Islam. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan etika bisnis Islam terhadap keberhasilan usaha pedagang di Pasar Cipanas dengan sampel sebanyak 90 orang pedagang makanan dan bahan pangan. Data dianalisis dengan menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (SEM-PLS) dan analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa etika manajemen, etika pemasaran dan etika lingkungan berpengaruh positif terhadap keberkahan usaha dan keberkahan usaha berpengaruh positif terhadap peningkatan finansial, peningkatan pelanggan serta loyalitas karyawan. Secara keseluruhan penerapan etika bisnis Islam berpengaruh positif terhadap keberhasilan usaha pedagang pasar Cipanas.
Collections
- UT - Syariah Economic [400]