Analisis Determinan Keputusan Berzakat Online Generasi Milenial Kota Makassar
Abstract
Besarnya potensi zakat di Kota Makassar dapat mengatasi masalah
kemiskinan dengan memanfaatkan pendistribusian zakat. Disamping itu, semakin
meningkatnya pengguna internet di Indonesia dan perkembangan teknologi dapat
mempermudah pendistribusian dan pembayaran, sehingga saat ini banyak lembaga
amil yang telah menyediakan layanan online dalam pembayaran zakat. Masyarakat
yang membayar zakat telah didominasi oleh generasi milenial yang berusia 20-35
tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik muzakki generasi
milenial di Kota Makassar dalam membayar zakat online dan mengidentifikasi
faktor-faktor yang memengaruhi muzakki generasi milenial Kota Makassar dalam
membayar zakat online. Penelitian ini menggunakan metode analisis tabulasi silang
untuk menjawab pertanyaan karakteristik responden muzakki milenial Kota
Makassar dan metode regresi logistik digunakan untuk menjawab pertanyaan
faktor-faktor yang memengaruhi muzakki Kota Makassar dalam berzakat online.
Hasil analisis menunjukkan variabel independen yang signifikan terhadap
keputusan muzakki generasi milenial Kota Makassar dalam berzakat online adalah
pengetahuan zakat online, religiusitas, pendapatan dan pendidikan.
Collections
- UT - Syariah Economic [382]