Strategi Adopsi Perbankan Hijau dan Perannya dalam Membentuk Citra Merek dan Penciptaan Nilai Perusahaan
Date
2022Author
Fakhira, Novsa
Zulbainarni, Nimmi
Simanjuntak, Megawati
Metadata
Show full item recordAbstract
Perbankan hijau merupakan kegiatan operasional bank untuk mengurangi kerusakan lingkungan dan menjaga kelestarian alam, sehingga berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan. Perbankan hijau memberikan solusi kepada perusahaan terhadap berbagai permasalahan pelanggan dan persaingan bisnis. Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat serta meningkatnya jumlah masyarakat yang menggunakan telepon seluler dan mengakses internet membuka peluang bagi bank untuk bertransformasi ke perbankan hijau.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh competitor pressure, customer pressure, community pressure, kualitas sistem, dan dukungan manajemen puncak terhadap adopsi perbankan hijau; menganalisis pengaruh adopsi perbankan hijau terhadap citra merek dan penciptaan nilai; dan merumuskan implikasi manajerial dan kebijakan untuk meningkatkan adopsi perbankan hijau. Penelitian ini dilakukan pada pegawai bank yang telah menerapkan perbankan hijau dengan responden sebanyak 88 orang yang ditentukan secara snowball sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner online melalui google form. Analisis statistik yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) PLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa competitor pressure dan dukungan manajemen puncak memiliki pengaruh signifikan positif terhadap adopsi perbankan hijau. Sementara customer pressure, community pressure, dan kualitas sistem tidak berpengaruh signifikan terhadap adopsi perbankan hijau. Adopsi perbankan hijau memberikan pengaruh signifikan positif terhadap citra merek dan penciptaan nilai. Beberapa implikasi manajerial yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan bauran pemasaran terkini dan merumuskan berbagai strategi adopsi perbankan hijau. Strategi yang dapat digunakan yaitu pengembangan produk baru atau inovasi pada perbankan hijau agar dapat bersaing dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, pengembangan pelatihan kepada pegawai agar memiliki keahlian di bidang teknologi, peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan sehingga memiliki produk perbankan hijau yang andal, kolaborasi dengan fintech, dan peningkatan edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan perbankan hijau. Green banking is a bank's operational activities to reduce environmental damage and preserve nature, thereby contributing to sustainable development. Green banking provides solutions for companies to various customer problems and business competition. The rapidly developing information and communication technology and the increasing number of people using cellular phones and accessing the internet open opportunities for banks to transform into green banking.
This study aims to analyze the influence of competitor pressure, customer pressures, community pressure, system quality, and top management support on the adoption of green banking. Another objective is to analyze the effect of green banking adoption on brand image and value creation. The next objective is to formulate managerial and policy implications for increasing green banking adoption. This research was conducted on banks that have implemented green banking with a total of 88 respondents using snowball sampling. Data was collected by filling out an online questionnaire. Statistical analysis used is the PLS Structural Equation Model (SEM).
The results show that competitor pressure and top management support have a significant positive effect on the adoption of green banking. Meanwhile, customer pressure, community pressure, and system quality have no significant effect on the adoption of green banking. The adoption of green banking has a significant positive effect on brand image and value creation. Some of the managerial implications that the company can do are with the latest marketing mix and formulate various green banking adoption strategies. Strategies that can be used are the development of new products or innovations in green banking so that they can compete and meet the needs of the community, develop training for employees to have expertise in technology, increase network capacity and quality so that they have reliable green banking products, collaboration with fintech, and increasing public education about the use of green banking.
Collections
- MT - Business [484]