dc.contributor.advisor | Muflikh, Yanti Nuraeni | |
dc.contributor.author | Dewiyanti | |
dc.date.accessioned | 2022-09-04T09:41:42Z | |
dc.date.available | 2022-09-04T09:41:42Z | |
dc.date.issued | 2022-08 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114330 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya industri hilir rumput laut produk
karagenan di Sulawesi Selatan dengan karakteristik segmen pasar yang relatif sama dengan PT
Bantimurung Indah sehingga menyebabkan persaingan yang ketat. Oleh karena itu diperlukan
strategi bersaing agar perusahaan mampu bertahan dan bersaing dengan pelaku usaha lain.
Dalam merumuskan strategi bersaing analisis yang digunakan yaitu rantai nilai Porter, five
force Porter, business model canvas, matriks SWOT dan strategi generik Porter. Hasil analisis
menunjukkan strategi bersaing PT Bantimurung Indah dengan mereformulasi business model
canvas dengan menggunakan matriks SWOT yang menghasilkan empat strategi yaitu SO
diprioritaskan untuk meningkatkan key aktivitas, key resource yaitu modal dan revenue
streams, untuk strategi ST digunakan untuk meningkatkan key partnership, strategi WO yang
berfokus untuk peningkatkan aktivitas pemasaran, dan customer segment, strategi WT yang
berfokus untuk peningkatan value proposition, dan key activities. Strategi bersaing yang dapat
diterapkan PT Bantimurung Indah adalah strategi diferensiasi. Strategi diferensiasi yang dapat
dilakukan yaitu meningkatkan aktivitas pemasaran, menjaga nilai perusahaan, melakukan
evaluasi produk, dan menjaga kualitas bahan baku. | id |
dc.description.abstract | This research was motivated by the development of the downstream carrageenan
seaweed industry in South Sulawesi with relatively similar market segment characteristics to
PT Bantimurung Indah, causing intense competition. Therefore, a strategy is needed to increase
the competitiveness of PT Bantimurung Indah. The analysis used is Porter's value chain,
Porter's five force, Business Model Canvas, SWOT matrix and Porter's generic strategy. The
analysis results show that strategy to increase competitiveness PT Bantimurung Indah with
reformulatingbusiness model canvas using a SWOT matrix that produces four strategies,
namely SO prioritized to increase key activities, key resources namely capital and revenue
streams, ST strategy is used to increase key partnerships, WO strategy that focuses on
increasing marketing activities, and customer segment, strategy WT which focuses on
increasing the value proposition and key activities. The competitive strategy that can be applied
by PT Bantimurung Indah is a differentiation strategy. Differentiation strategies that can be
carried out are increasing marketing activities, maintaining company value, evaluating
products, and maintaining the quality of raw materials. | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.title | Strategi Bersaing Perusahaan Pengolah Rumput Laut di Sulawesi Selatan ( Studi Kasus : PT Bantimurung Indah) | id |
dc.title.alternative | Competitive Strategy of Seaweed Processing Companies in South Sulawesi ( Case Study : PT Bantimurung Indah) | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | id |
dc.subject.keyword | Carragenan | id |
dc.subject.keyword | Competitive strategy | id |
dc.subject.keyword | Seaweed | id |