Analisis Daya Saing Lada Putih Indonesia di Pasar Internasional
Abstract
Analisis Daya Saing Lada Putih di Pasar Internasional. Dibimbing oleh HARIANTO. Lada merupakan salah satu komoditas perkebunan yang menjadi andalan Indonesia untuk mendapatkan devisa melalui kegiatan ekspornya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis daya saing lada putih Indonesia di pasar internasional. Periode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu dari tahun 2012-2021 dengan menggunakan metode Revealed Comparative Advantage (RCA) dan Analisis Korelasi. Hasil yang diperoleh dari RCA bahwa lada putih Indonesia memiliki daya saing yang kuat dibandingkan dengan negara tujuan. Hasil korelasi menunjukkan bahwa kelima negara memiliki hubungan yang positif dengan volume ekspor sedangkan untuk nilai ekspor Vietnam, India, Jepang dan USA memiliki hubungan positif tetapi untuk Jerman memiliki hubungan yang negatif. Analyze Competitiveness of Indonesian White Pepper in the International Market. Supervised by HARIANTO. Pepper is one of the plantation commodities that are the mainstay of Indonesia to get foreign exchange through its export activities. The purpose of this study is to analyze the competitiveness of Indonesian white pepper in the international market. The analysis period used in this study was from 2012-2021 using the Revealed Comparative Advantage (RCA) method and Correlation Analysis. The results obtained from the RCA that Indonesian white pepper has a strong competitiveness compared to the destination country. The correlation results showed that the five countries had a positive relationship with export volume while the export value of Vietnam, India, Japan and usa had a positive relationship but for Germany it had a negative relationship.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]