Show simple item record

dc.contributor.advisorMuljono, Pudji
dc.contributor.authorTriaputri, Afira
dc.date.accessioned2022-08-15T08:11:37Z
dc.date.available2022-08-15T08:11:37Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/113620
dc.description.abstractInstagram menjadi salah satu media sosial terpopuler yang digunakan oleh masyarakat saat ini. Peluang tersebut digunakan oleh PT Infosumbar Media Kreasi untuk memanfaatkan Instagram sebagai media dalam menyebarkan informasi sejarah dan budaya lokal di tengah warisan kebudayaan Indonesia. Penelitian ini menganalisis efektivitas akun Instagram @infosumbar sebagai media penyebaran informasi sejarah dan budaya Minangkabau. Penelitian ini menghubungkan variabel terpaan penggunaan Instagram dengan tingkat efektivitas Instagram yang dilihat dari efek pesan komunikasi terhadap aspek kognitif, afektif, dan konatif pengikutnya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan observasi sebagai instrumen pengambilan data kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif dari wawancara mendalam. Data kuantitatif diolah menggunakan uji korelasi dengan pemilihan responden yang menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan nyata antara tingkat terpaan pengikut akun Instagram @infosumbar dengan tingkat efektivitas akun Instagram @infosumbar dalam aspek kognitif, afektif, dan konatif.id
dc.description.abstractInstagram is one of the most used social media by people today. PT Infosumbar Media Kreasi took this opportunity to use Instagram as a medium in disseminating information on local history and culture in the midst of Indonesia's cultural heritage. This study analyzes the effectiveness of the Instagram account @infosumbar as a medium for disseminating information on Minangkabau history and culture. This study connects the variable exposure to Instagram use with the level of effectiveness of Instagram seen from the effect of communication messages on the cognitive, affective, and conative aspects of followers. This research was conducted with a quantitative approach with survey and observation methods as a quantitative data collection instrument supported by qualitative data from in-depth interviews. Quantitative data was processed using a correlation test with the selection of respondents using a purposive sampling method. The results showed that there was a significant relationship between the level of exposure of followers of the Instagram account @infosumbar and the level of effectiveness of the Instagram account @infosumbar on cognitive, affective, and conative aspects.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleEfektivitas Akun Instagram @infosumbar sebagai Media Penyebaran Informasi Sejarah dan Budaya Minangkabauid
dc.title.alternativeThe Effectiveness of the Instagram Account @infosumbar as a Media for Disseminating Information on Minangkabau History and Cultureid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordeffectivenessid
dc.subject.keywordinstagramid
dc.subject.keywordsocial media exposureid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record