Efektivitas Komunikasi Pada Implementasi Corporate Social Responsibility PT. Antam UBPE Pongkor.
Abstract
Program corporate social responsibility (CSR) atau tanggungjawab sosial
perusahaan merupakan salah satu komunikasi organisasi bisnis yang dilaksanakan
oleh perusahaan untuk stakeholders. Melalui komunikasi organisasi bisnis ini
perusahaan diharapkan dapat mengintegrasikan kebutuhan sosial masyarakat
kedalam aktivitas bisnis operasionalnya sehingga terciptanya hubungan baik
dengan masyarakat sekitar. Program CSR kemitraan PT Antam UBPE-Pongkor
bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian hidup masyarakat
utamanya bagi pelaku UMKM yang ada di sekitar lokasi operasional perusahaan
Antam UBPE-Pongkor. Ciri pelaku usaha UMKM diantaranya minimnya akses
permodalan, kemampuan dan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang
masih rendah, akses kepada informasi dan permodalan masih terbatas dan
penggunaan teknologi yang terbatas.
Kegiatan CSR kemitraan tersebut penting ditelaah dari komunikasi
organisasi bisnis yaitu dalam hal ini bagaimana PT Antam UBPE Pongkor
berinteraksi dengan pelaku usaha dan lingkungan sosialnya, maka penelitian ini
diarahkan untuk (1) menganalisis karakteristik penerima program CSR, kapasitas
komunikator dan mutu informasi pada komunikasi program CSR kemitraan PT.
Antam UBPE (2) menganalisis tingkat partisipasi penerima program CSR mulai
dari tahapan pengambilan keputusan, pelaksanaan dan pemanfaatan hasil ekonomi
dan sosial (3) menganalisis efektivitas komunikasi pada implementasi Program
CSR Kemitraan PT Antam UBPE (4) Menganalisis pengaruh faktor-faktor
komunikasi (karaktristik individu, kapasitas komunikator, mutu informasi) terhadap
partisipasi implementasi CSR PT. Antam UBPE (5) menganalisis pengaruh
partisipasi implementasi CSR terhadap efektivitas implementasi Program CSR
Kemitraan PT. Antam UBPE Pongkor
Sampel pada penelitian ini adalah responden penerima program CSR
kemitraan dari PT Antam UBPE. Jumlah sampel adalah sebanyak 86 responden
yang tersebar di kecamatan Nanggung, Pamijahan, Leuwiliang, Ciampea,
Leuwisadeng, Kabupaten Bogor Jawa Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada
Januari 2020 sampai Desember 2021. Penarikan sampel dalam penelitian ini
menggunakan metode cluster random sampling. Analisis data dilakukan secara
statistika deskriptif dan model structural equation modeling (PLS-SEM).
Hasil penelitian menunjukkan kapasitas komunikator CSR memadai pada
dimensi kredibilitas, kemampuan memotivasi dan kemampuan komunikator
memperhitungkan harapan komunikan. Mutu informasi CSR kemitraan PT Antam
UBPE Pongkor memadai pada dimensi relevansi, dapat dipercaya dan
menyelesaikan masalah. Pada dimensi relevansi, informasi yang disampaikan
komunikator CSR sesuai kebutuhan, berguna, memiliki nilai informasi penting,
berkelanjutan, dan dapat diandalkan bagi pengembangan usaha yang dijalankan.
Pada dimensi dapat dipercaya karena informasi yang diperoleh penerima program
diyakini kebenarannya dapat meningkatkan kepercayaan diri, mendukung
Collections
- MT - Human Ecology [2242]