Hubungan Keberhasilan Program Corporate Social Responsibility PT. Djarum dengan Keberdayaan Penerima Program (Kasus Program Djarum Beasiswa Plus)
Abstract
Sebagai bentuk tanggung jawab sebuah perusahaan kepada masyarakat yang terkena dampak produksi, perusahaan memiliki program yang dinamakan corporate sosial responsibility (CSR) yang bertujuan untuk membangun daerah agar dapat berkelanjutan hingga skala nasional. Melalui observasi lapang, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana keberhasilan program CSR PT. Djarum, keberdayaan penerima program, dan hubungan keberhasilan program dengan keberdayaan penerima program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif didukung kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui survey. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, kepada 35 responden, yang terdaftar sebagai Beswan Djarum Beasiswa Plus. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara terhadap key informant. Data kuantitatif diolah menggunakan Ms. Excel 2016 dan SPSS Statisctic 28, sedangkan data kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji korelasi dilakukan antara variabel tingkat keberhasilan program dengan tingkat keberdayaan, menggunakan uji korelasi Rank Spearman untuk mengukur korelasi berskala ordinal-ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan program dan keberdayaan penerima program berada pada kategori tinggi. Kemudian, hubungan antara keberhasilan program dengan keberdayaan penerima program memiliki hubungan yang kuat dan signifikan nyata. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keberhasilan program CSR PT. Djarum terbukti memiliki hubungan yang nyata dengan keberdayan penerima program.