Faktor-faktor yang Memengaruhi Pendapatan dan Keuntungan Usaha Nasabah Bank Wakaf Mikro
Abstract
Pendirian Bank Wakaf Mikro (BWM) bertujuan untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan ketimpangan pendapatan di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah: 1) menganalisis karakteristik usaha mikro yang mendapatkan pembiayaan hanya dengan BWM dengan yang mendapatkan pembiayaan dari tempat lain; 2) menganalisis perbedaan pendapatan dan keuntungan usaha mikro yang mendapatkan pembiayaan hanya dari BWM dengan yang mendapatkan pembiayaan dari tempat lain; 3) mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pendapatan dan keuntungan usaha nasabah BWM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) terdapat perbedaan karakteristik usaha mikro yang mendapatkan pembiayaan dari BWM dan yang mendapatkan pembiayaan tambahan dari tempat lain; 2) usaha nasabah BWM yang mendapat tambahan pembiayaan dari pihak lain memiliki pendapatan dan keuntungan yang lebih tinggi dibanding dengan yang hanya mendapat pembiayaan dari BWM; 3) secara simultan, variabel usia, pendidikan, lama usaha, jenis usaha, modal usaha, pembiayaan dari pihak lain, dan keaktifan nasabah dalam pendampingan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan dan keuntungan usaha nasabah BWM. Micro Waqf Bank (BWM) aims to reducing the level of poverty and income inequality in Indonesia. This research aims to; 1) analyze the characteristics of micro-enterprises that receive financing only from BWM and those who receive additional financing from other parties; 2) analyze differences in income and business profits of BWM customers who receive additional financing from other parties; 3) identify factors affecting income and business profits of BWM customers. The method used in this research is descriptive quantitative method with multiple linear regression analysis. The results of the study indicate that; 1) there are differences in the characteristics of micro-enterprises that receive financing from BWM and those receive additional financing from other parties; 2) BWM customer businesses that receive additional financing from other parties have higher income and profits compared to those that only receive financing from BWM; 3) Simultaneously, the variables of age, education, business age, kind of business, business capital, financing from other parties, and customer activity in mentoring have a significant effect on income and business profits of BWM customers.
Collections
- UT - Syariah Economic [353]