Strategi Optimalisasi Penjualan Gas Bumi PT XYZ di Jawa Timur
Abstract
Berdasarkan kebijakan dan rencana kerja pemerintah lima hingga sepuluh tahun kedepan terkait infrastruktur dan pengembangan industri gas bumi di pulau Jawa Indonesia, kondisi pasokan dan permintaan gas bumi di Jawa Timur melalui jaringan pipa akan mengalami dinamika. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mensimulasikan pasar gas tahun 2021 hingga tahun 2035 dan mengembangkan strategi penjualan gas untuk mengoptimalkan penjualan gas PT XYZ. Analisis riset pasar gas menggunakan System Dynamic Modeling (SDM) untuk menentukan skema pasokan dan permintaan gas, mensimulasikan model dan skenario berdasarkan periode waktu. Strategi penjualan gas berupa segmentasi, targetting dan positioning menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Focuss Group Discussion (FGD) untuk mengintegrasikan strategi implementasi dalam rangka mengoptimalkan penjualan gas. Hasil kajian menunjukkan bahwa selama periode 2022 – 2025, pasar gas di Jawa Timur mengalami kelebihan pasokan gas sebesar 249 mmscfd, periode kedua pada tahun 2026-2030 pasar gas masih surplus 53 mmscfd, namun pada tahun 2030-2035 pasar gas mengalami kekurangans sebesar 260 mmscfd. Strategi PT XYZ mengutamakan sektor pupuk, industri PGN dan pedagang gas sebagai pembeli utama dengan menggunakan kriteria utama jumlah volume, jangka waktu pemanfaatan dan harga gas sebagai referensi dalam penyusunan skenario dan strategi implementasi. Skenario optimis dengan peningkatan produksi dan penjualan gas akan meningkatkan revenue dan posisi PT XYZ sebagai market leader di Jawa Timur.
Collections
- MT - Business [397]