Pengaruh Harga, Citra Merek, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Perlengkapan Baduta bagi Ibu Milenial
Date
2022Author
Pratyaharani, Hilda Puspita
Suroso, Arif Imam
Ratono, Joko
Metadata
Show full item recordAbstract
Fenomena yang akhir-akhir ini semakin ramai terjadi yakni berbelanja perlengkapan bayi yang mana hal ini bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan, tetapi sekaligus merupakan kesenangan untuk ibu milenial. Produk perlengkapan bayi semakin kreatif dalam hal gaya dan desain untuk menyediakan alternatif lebih banyak bagi ibu milenial untuk digunakan oleh para bayi mereka. Kebutuhan produk pakaian bayi dianggap oleh ibu milenial sebagai kebutuhan yang termasuk krusial dan merupakan kebutuhan utama pada kelompok umur tersebut. Generasi milenial adalah kelompok orang dengan tahun kelahiran 1981- 2000. Generasi ini juga merupakan generasi yang menjadi segmen pasar yang penting bagi para pemasar dan memiliki dampak bagi perekonomian karena sangat aktif di pasar dalam pengambilan keputusan untuk membeli atau konsumsi yang diperkirakan lebih dari 1 triliun dolar dalam beli langsung maupun tidak langsung. Keputusan pembelian adalah tanggapan pembelian terhadap keputusan pemilihan produk, pemilihan merek, pemilihan saluran, pemilihan waktu pembelian, dan jumlah pembelian untuk memutuskan pembelian. Setiap konsumen untuk memutuskan membeli suatu produk dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya ada harga, citra merek, kualitas produk, bahkan gaya hidup dari konsumen tersebut. Faktor-faktor tersebut digunakan pada penelitian ini untuk menganalisis pengaruhnya terhadap keputusan pembelian bagi ibu milenial. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis indikator-indikator yang menggambarkan harga, citra merek, kualitas produk, gaya hidup, dan keputusan pembelian perlengkapan baduta bagi ibu milenial; dan menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, citra merek, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian perlengkapan baduta bagi ibu milenial. Kuesioner disebarkan kepada 125 responden yang merupakan ibu milenial, memiliki bayi atau baduta, dan tinggal di Jabodetabek dengan menggunakan teknik pemilihan sampel voluntary sampling. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis SEM-PLS untuk menganalisis pengaruh harga, citra merek, kualitas produk, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian perlengkapan baduta bagi ibu milenial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa indikator yang paling merefleksikan variabel harga ialah indikator perbandingan harga. Untuk citra merek, indikator yang paling merefleksikan variabel ini ialah indikator citra dari perusahaan. Selanjutnya indikator yang paling merefleksikan variabel kualitas produk ialah indikator kinerja dari produk tersebut. Untuk gaya hidup, indikator yang paling merefleksikan variabel ini ialah indikator ketertarikan. Terakhir, indikator yang paling merefleksikan variabel keputusan pembelian ialah indikator pencarian informasi. Adapun alasan para ibu milenial membeli produk perlengkapan bayi karena kualitas produk perlengkapan bayi, tempat para ibu membeli melalui aplikasi perdagangan elektronik (e-commerce), dan jenis produk perlengkapan yang biasa dibeli adalah pakaian. Selain itu, hasil dari pengujian analisis SEM menunjukan bahwa kualitas produk dan gaya hidup berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian perlengkapan bayi bagi ibu milenial. Adapun, harga dan citra merek tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian produk perlengkapan bayi bagi ibu milenial. Pengujian SEM juga dilakukan berdasarkan karakteristik responden dan diperoleh hasil yaitu harga dan citra merek tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian produk perlengkapan bayi bagi ibu milenial di seluruh karakteristik responden (pendidikan, pekerjaan, pendapatan, maupun pengeluaran). Sedangkan kualitas produk berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian perlengkapan bayi bagi ibu milenial berdasarkan karakteristik di seluruh karakteristik responden (pendidikan, pekerjaan, pendapatan, maupun pengeluaran). Gaya hidup berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian perlengkapan bayi bagi ibu milenial di seluruh karakteristik responden (pendidikan S1-S3, pekerjaan, pendapatan, maupun pengeluaran), namun gaya hidup tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian perlengkapan bayi bagi ibu milenial di seluruh karakteristik responden pada pendidikan SD-Diploma. Adapun strategi yang dapat disarankan yaitu perusahaan harus tetap mempertahankan kualitas produk yang dijual, melakukan survei perihal kepuasan pelangggan secara berkala, mengembangkan produk yang menyesuaikan dengan tren yang berlaku saat itu, menyampaikan informasi secara detail perihal produk yang ditawarkan, dan memanfaatkan kegiatan seperti pameran sebagai media promosi.
Collections
- MT - Business [333]