Show simple item record

dc.contributor.advisorDjohar, Setiadi
dc.contributor.advisorHubeis, Musa
dc.contributor.authorAzizah, Marjania Ayu
dc.date.accessioned2022-06-07T03:00:33Z
dc.date.available2022-06-07T03:00:33Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111966
dc.description.abstractEra industri berubah dengan cepat dari revolusi industri 1 hingga sekarang menjadi revolusi industri ke-4 atau Era Industri 4.0. Sebagai pemasok tenaga kerja, sekolah kejuruan harus mengikuti perubahan industri melalui pendidikan yang diberikan kepada siswa. Sistem pendidikan yang mengakomodasi revolusi industri ke-4 adalah sistem Pendidikan 4.0. Tingkat lulusan sekolah Menengah Kejuruan (SMK) saat ini belum sepenuhnya diterima oleh industri, hal ini terlihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Agustus 2018 yang menunjukan SMK menempati peringkat keempat dalam hal penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses bisnis SMK Bumi Sejahtera, mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal sekolah, memformulasikan alternatif strategi pengembangan bisnis bagi sekolah, menyusun prioritas strategi yang dapat digunakan oleh sekolah dan merumuskan langkah yang dapat dilakukan SMK Bumi Sejahtera untuk menuju pendidikan 4.0. Penelitian ini dimulai dengan menganalisis manajemen sekolah, diawali dengan melihat dan mempelajari Misi, Visi dan Tujuan dari SMK Bumi Sejahtera. Analisis lingkungan dilakukan dengan menerapkan evaluasi internal dan eksternal dan dilanjutkan dengan menganalisis posisi bisnis. Pengumpulan data tentang proses bisnis dari pengelolaan sekolah dengan analisis kuantitatif. Digunakan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, narasumber memahami proses manajemen SMK Bumi Sejahtera atau sekolah kejuruan secara umum. Proses analisis dilakukan meliputi analisis lingkungan dengan matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE), analisis posisi bisnis dengan melihat matriks Internal-Eksternal (IE). Alternatif-alternatif strategi dihasilkan matriks Strengths-Weaknesses Opportunities-Threats (SWOT) dengan pertimbangan prioritas strategi yang akan dijalankan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Strategi yang dibentuk merupakan strategi grow and build yaitu menjalin kerjasama dengan lembaga pelatihan dalam membuat sebuah ekstrakurikuler yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan bersertifikasi, pelaksanaan teaching factory, pelatihan dan pengevaluasian secara berkala dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk guru dan karyawan, pembentukan program keahlian baru bekerjasama dengan perusahaan yang sudah menerapkan industri 4.0, bekerjasama dengan industri untuk mengadakan bursa kerja untuk lulusan SMK setiap tahun dan pembangunan suatu usaha oleh yayasan bekerjasama dengan pihak professional. Temuan menunjukkan bahwa SMK Bumi Sejahtera sudah dalam posisi bisnis yang baik, sehingga strategi yang intensif direkomendasikan. Langkah-langkah implementasi dibuat untuk membantu sekolah dalam menjalankan strategi alternatifid
dc.description.abstractThe industrial era changed rapidly from the industrial revolution 1 until now into the 4th industrial revolution or Industrial Era 4.0. As a workforce supplier, vocational schools must keep pace with industry changes through education provided to students. The education system that accommodates the 4th industrial revolution is the Education 4.0 system. The current level of Vocational Senior High School (SMK) graduates is not yet fully accepted by the industry, this can be seen from the data of the Central Statistics Agency (BPS) in August 2018 which shows SMK are ranked fourth in terms of employment in Indonesia. The purpose of this study is to describe the Bumi Sejahtera SMK business process, identify internal and external factors of the school, formulate alternative business development strategies for schools, set priority strategies that can be used by schools and formulate steps that can be taken by SMK Bumi Sejahtera to achieve education 4.0 . The research began by analyzing school management, beginning with seeing and studying the Mission, vision and objectives of the SMK Bumi Sejahtera. Environmental analysis is carried out by applying internal and external evaluations and proceed with analyzing business positions. Collection of data relating to activities or business processes of school management with quantitative analysis. The sampling technique used was purposive sampling, informants understood the management process of SMK Bumi Sejahtera or vocational schools in general. The analysis process includes environmental analysis with Internal Factor Evaluation (IFE) and External Factor Evaluation (EFE) matrix, business position analysis by looking at the Internal-External (IE) matrix. Strategic alternatives are generated by the Strengths-Weaknesses Opportunities-Threats (SWOT) matrix with consideration of priority strategies that will be implemented using Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). The strategy formed is a grow and build strategy which is to establish cooperation with training institutions in making an extracurricular that utilizes Information and Communication Technology (ICT) and is certified, conducting teaching factories, training and evaluating regularly from the use of information and communication technology for teachers and employees, forming new skills programs in collaboration with companies that have implemented industry 4.0, collaborate with industry to hold a job market for SMK graduates every year and the construction of a business by the foundation in collaboration with professionals. The findings show that Bumi Sejahtera SMK is in a good business position, so an intensive strategy is recommended. Implementation steps are made to assist schools in implementing alternative strategiesid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Pengembangan SMK Bumi Sejahtera di Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor Menuju Pendidikan 4.0id
dc.title.alternativeDevelopment Strategy of Bumi Sejahtera Vocational Senior High School in Cibungbulang District Bogor Regency Towards Education 4.0id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordEducation 4.0id
dc.subject.keywordbusiness developmentid
dc.subject.keywordbusiness positionid
dc.subject.keywordVocational Senior High Schoolid
dc.subject.keywordstrategyid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record