Show simple item record

dc.contributor.advisorSailah, Illah
dc.contributor.advisorHubeis, Aida Vitayala S.
dc.contributor.authorClaresta, Vania
dc.date.accessioned2022-06-01T13:27:14Z
dc.date.available2022-06-01T13:27:14Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111911
dc.description.abstractGuru memiliki peran penting dalam organisasi atau lembaga pendidikan karena peran dan fungsi guru yang sesuai dengan UU No. 19 tahun 2005. Pendidikan sekolah dasar (SD) merupakan pendidikan awal yang sangat penting dan dipengaruhi oleh peran guru. Kualitas guru SD dapat ditinjau berdasarkan kinerja. Kinerja guru yang baik dapat meningkatkan kualitas pendidikan terutama pendidikan SD karena guru yang berinteraksi langsung dengan siswa. Pengukuran kinerja yang baik terhadap guru dapat dilakukan dengan mengukur kompetensi pedagogik. Berdasarkan hal tersebut, pengukuran kinerja guru berdasarkan kompetensi pedagogik diperlukan. Fenomena mengenai kinerja sangat menarik untuk diteliti karena tidak semua guru dapat meningkatkan kinerja. Salah satu hal lainnya yang dapat mempengaruhi kinerja guru adalah kepuasan kerja guru. Menjaga kepuasan kerja guru merupakan hal yang penting, dikarenakan dalam mempertahankan guru yang berkualitas, guru tersebut harus puas dengan pekerjaannya di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Kesatuan Bogor. Pengumpulan data dilakukan pada Januari 2019. Kuesioner disebarkan kepada 62 responden dengan menggunakan teknik pemilihan sampel secara Sensus. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik dan kepuasan kerja terhadap kinerja. Hasil analisis SEM PLS menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Kepuasan kerja dapat ditingkatkan melalui peningkatan kompetensi pedagogik. Kemudian, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Artinya, kinerja dapat ditingkatkan dengan peningkatan kepuasan kerja. Sementara itu, kompetensi pedagogik berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja. Artinya, kompetensi pedagogik tidak dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan kinerja. Jadi, dalam meningkatkan kinerja guru, harus ada hubungan yang erat antara kompetensi pedagogik dengan kepuasan kerja, dan kepuasan kerja dengan kinerja agar kinerja guru pada Sekolah Dasar Kesatuan Bogor ditingkatkan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleHubungan Kompetensi Pedagogik dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Kesatuan Bogorid
dc.title.alternativeThe Relationship of Pedagogical Competence and Job Satisfaction on the Performance of Elementary School Teachers in Bogorid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordedukasiid
dc.subject.keywordkompetensi guruid
dc.subject.keywordeducationid
dc.subject.keywordteacher competenciesid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record