Show simple item record

dc.contributor.advisorFahmi, Idqan
dc.contributor.advisorJahroh, Siti
dc.contributor.authorChairunnisa, Siti Sarah
dc.date.accessioned2022-05-24T05:57:30Z
dc.date.available2022-05-24T05:57:30Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111831
dc.description.abstractProduk kosmetik kian menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari adanya tren positif pada nilai penjualan produk kosmetik dari tahun ke tahun. Namun, pemenuhan kebutuhan konsumen akan kosmetik yang terus meningkat harus diimbangi dengan adanya penerapan unsur peduli lingkungan pada kegiatan pemasaran (green marketing). Salah satu penerapan konsep green marketing yang paling tepat dan secara menyeluruh ada pada setiap elemen - elemen bauran pemasaran. The Body Shop merupakan salah satu perusahaan kosmetik yang menjadi pionir dalam menerapkan konsep tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan konsep green marketing The Body Shop, menganalisis kepuasan dan loyalitas konsumen The Body Shop, menganalisis pengaruh green marketing mix terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen The Body Shop, serta merumuskan strategi pemasaran untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen The Body Shop melalui green marketing mix. Variabel laten pada penelitian ini adalah bauran pemasaran hijau (green marketing mix), kepuasan, serta loyalitas konsumen. Lokasi penelitian bertempat di gerai The Body Shop Lippo Plaza Ekalokasari Kota Bogor. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2018 - Desember 2018. Responden yang memenuhi kriteria mengunjungi gerai paling sedikit 2 kali selama 6 bulan terakhir dan berusia di atas 17 tahun sejumlah 115 orang. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SMART PLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing mix berpengaruh signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen. Selain itu, green marketing mix juga berpengaruh signifikan secara langsung terhadap loyalitas konsumen. Maka dari itu, beberapa strategi pemasaran melalui pendekatan green marketing mix antara lain penambahan program promosi tetap terkait lingkungan dengan penyebaran informasi yang baik serta memberikan edukasi kepada calon konsumen potensial terkait nilai lingkungan yang dimiliki The Body Shop. Selain itu, The Body Shop harus lebih meningkatkan produk dan harga secara umum karena konsep kosmetik ramah lingkungan ternyata belum menjadi prioritas bagi konsumen.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Green Marketing Mix terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen The Body Shop Kota Bogorid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordbauran pemasaran hijauid
dc.subject.keywordkepuasanid
dc.subject.keywordkosmetik hijauid
dc.subject.keywordloyalitasid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record