dc.contributor.advisor | Lubis, Djuara | |
dc.contributor.author | Wairara, Larry T.A. | |
dc.date.accessioned | 2022-05-23T05:17:55Z | |
dc.date.available | 2022-05-23T05:17:55Z | |
dc.date.issued | 2022-05-17 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111819 | |
dc.description.abstract | Program Corporate Social Responsibility merupakan sebuah kewajiban
perusahaan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia dengan tujuan
menjaga komitmen serta tanggung jawab dalam mewujudkan kesejahteraan dan
jauh dari kemiskinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor faktor yang memengaruhi perkembangan usaha yang dilaksanakan dan pengaruh
perkembangan usaha terhadap kesejahteraan penerima program CSR. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan didukung data
kualitatif. Responden penelitian sebanyak 30 orang penerima program CSR PT
Freeport Indonesia yang dilaksanakan oleh Yayasan Pemberdayaan Masyarakat
Amungme dan Kamoro (YPMAK) sebagai mitra perusahaan dalam melakukan
pendampingan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian
ini menunjukan dua indikator perkembangan usaha masyarakat penerima program
yaitu perubahan tata cara pengelolaan usaha dan luas cakupan usaha mengalami
peningkatan dengan dinamika perubahan yang signifikan sebelum dan setelah
mengikuti program. Faktor karakteristik individu berpengaruh signifikan
dibandingkan peran pendamping terhadap perkembangan usaha, dan
perkembangan usaha berpengaruh signifikan terhadap tingkat kesejahteraan
penerima program. | id |
dc.description.abstract | The Corporate Social Responsibility program is a company obligation
regulated in the Law of the Republic of Indonesia with the aim of maintaining
commitment and responsibility in realizing prosperity and away from poverty. The
purpose of this study is to analyze the factors that influence the development of the
business carried out and the effect of business development on the welfare of the
recipients of the CSR program. The method used in this study is a quantitative
method and is supported by qualitative data. Research respondents were 30
recipients of PT Freeport Indonesia's CSR program carried out by the Amungme
and Kamoro Community Empowerment Foundation (YPMAK) as company
partners in providing assistance using purposive sampling technique. The results
of this study show that there are two indicators of business development of the
program recipients, namely changes in business management procedures and the
breadth of business coverage has increased with significant dynamics of changes
before and after participating in the program. Individual characteristic factors
have a significant effect compared to the role of assistants on business development,
and business development has a significant effect on the welfare level of program
recipients. | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.title | Pengaruh Program Corporate Social Responsibility terhadap Perkembangan Usaha dan Kesejahteraan Penerima Program | id |
dc.title.alternative | The Influence of Corporate Social Responsibility Program on Business Development and Welfare of Program Recipients | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | id |
dc.subject.keyword | Corporate Social Responsibility | id |
dc.subject.keyword | Business Development | id |
dc.subject.keyword | Welfare | id |