Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Xpander
Date
2020Author
Gumilar, Bagus Randhyarta
Sumarwan, Ujang
Santoso, Bagus
Metadata
Show full item recordAbstract
Tren mobil jenis Multi Purposive Vehicle (MPV) diprediksi akan masih menguasai pasar penjualan kendaraan roda empat di Indonesia sampai tahun 2025. Saat ini hampir 60 persen total penjualan produk mobil merupakan jenis Low MPV. Hadirnya Mitsubishi Xpander di tahun 2017 akhir berhasil mendobrak prestasi dengan mengalahkan penjualan kompetitornya yang selama 13 tahun meraih gelar mobil terlaris. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa prestasi Mitsubishi Xpander dari September 2017 hingga September 2018 dan faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian mobil Mitsubishi Xpander. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa fenomena tersebut dan menghasilkan suatu implikasi strategi pemasaran agar Mitsubishi Xpander dapat mempertahankan prestasinya di pasar Low MPV. Bauran pemasaran, yaitu harga, promosi, produk, dan tempat menurut berbagai studi literatur merupakan kunci penting keputusan pembelian konsumen. Selain itu, sebagai produk baru maka brand awareness juga menjadi faktor penting yang mempengaruh keputusan pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik responden pembeli mobil Mitsubishi Xpander, menganalisis pengaruh bauran pemasaran dan brand awareness terhadap keputusan pembelianb mobil Mitsubishi Xpander, dan memberikan rekomendasi kepada perusahaan terkait dengan upaya untuk terus meningkatkan keputusan pembelian mobil Mitsubishi Xpander. Penelitian dilakukan di Jabodetabek menggunakan 300 responden. Data primer diperoleh dari hasil pengisian kuesioner kepada konsumen yang sudah pernah membeli mobil Mitsubishi Xpander di area Jabodetabek. Teknik pengambilan data penelitian adalah convenience sampling menggunakan kuesioner. Skala yang digunakan adalah skala likert. Penyebaran kuesioner dilakukan secara langsung dan melalui media online whatsapp menggunakan e-questionaire dengan mengirimkan link kuesioner ke beberapa komunitas mobil Xpander seperti Xpander Community (XCom) dan Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC) yang dinggal di area Jabodetabek. Penelitian menggunakan dua macam metode analisis untuk menjawab permasalah penelitian, yaitu analisis deskriptif dan analisis Structural Equational Modeling (SEM) untuk mengetahui hubungan dari tiap variabel ke variabel lainnya serta variabel terhadap indikator pembentuknnya. Karakteristik responden sebagai orang yang telah melakukan pembelian Mitsubishi Xpander adalah mayoritas laki-laki (85 persen). Rentang usia responden berada pada kisaran usia generasi Y dan X yaitu rentang usia 31-40 tahun (40.7 persen) dan usia 20-30 tahun (25.3 persen). Sebanyak 62.3 persen konsumen Xpander telah memiliki tingkat pendidikan minimal sarjana, menikah (69 persen), dan merupakan segmen kelas menengah dan menengah atas. Berdasarkan hasil analisis SEM menunjukkan bauran pemasaran dan brand awareness memiliki berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian mobil Mitsubishi Xpander. Kualitas produk, harga, lokasi menjadi faktor utama responden dalam melakukan keputusan pembelian. Sedangkan, promosi dan brand awareness merupakan faktor penguat saat konsumen melakukan pencarian informasi dan mempertimbangkan berbagai aspek sebelum melakukan keputusan pembelian. Strategi dalam meningkatkan keputusan pembelian dapat dilakukan dengan melakukan segmentasi kembali pengguna Mitsubishi Xpander. Selain itu, generasi millenials dan segmen konsumen dengan pendapatan Rp.5.000.000-Rp.10.000.000 dapat dijadikan sebagai target utama. Selanjutnya, perusahaan dapat melakukan evaluasi harga produk, memperbanyak titik lokasi dealer pada google maps, dan strategi positioning dengan menggunakan Search Engine Optimization (SEO) sebagai program marketing plan dimasa mendatang. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian lebih lanjut dengan melibatkan generasi millenials untuk mengetahui minat beli mobil Mitsubishi Xpander. Variabel penelitian selanjutnya juga dapat diperluas seperti customer perceived value, dan pengaruh penggunaan SEO dalam keputusan dan minat beli mobil Mitsubishi Xpander. Peneliti juga menyadari keterbatasan populasi sample menyebabkan hasil penelitian tidak dapat sepenuhnya digeneralisir untuk populasi sampel yang lebih besar. Dibutuhkan penelitian dengan menggunakan jumlah sampel yang lebih besar dan skala nasional agar dapat diperoleh karakteristik dan pengaruh keputusan pembelian yang lebih baik.
Collections
- MT - Business [484]