Analisis Strategi Bersaing Bisnis Perumahan (Studi Kasus Perumahan Royale Sawangan)
Date
2020Author
Tjahjono, Hendro
Simanjuntak, Megawati
Yuliati, Lilik Noor
Metadata
Show full item recordAbstract
Kebutuhan rumah selalu meningkat setiap tahun seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Permasalahan timbul ketika pertumbuhan jumlah penduduk tidak disertai dengan supply rumah yang mencukupi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal di Perumahan Royale Sawangan serta mencari Key Success Factor dan strategi bersaing yang dapat digunakan oleh manajemen Perumahan Royale Sawangan di masa yang akan datang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat) dan AHP (Analysis Hieharchy Process). Berdasarkan identifikasi faktor internal didapat faktor-faktor kekuatan (strength) yaitu lokasi strategis, modal yang kuat, nama perusahaan, pengalaman bisnis properti dan sumber daya manusia (SDM). Faktor kelemahan (weakness) yaitu lingkungan sekitar dan aktivitas operasional perumahan. Sedangkan dari faktor eksternal didapat faktor-faktor peluang (opportunity) yaitu program satu juta rumah, kepadatan penduduk, kebutuhan tempat tinggal, penurunan SBDK dan dukungan KPR dari perbankan. Faktor-faktor ancaman (threats) adalah regulasi pemerintah yang berubah-ubah, ketergantungan pada kontraktor dan fluktuasi harga material. Bisnis Perumahan yang dijalankan oleh DP4 memiliki total skor internal (IFE) sebesar 3.64 yang menunjukkan bahwa kemampuan perusahaan dalam merespon kekuatan dan kelemahan yang dimiliki sangat baik. Sedangkan total skor eksternal (EFE) dari bisnis perumahan sebesar 3.14 yang menandakan bahwa posisi eksternal dari bisnis perumahan berada diatas rata-rata, sehingga didapat pemetaan dari kedua matriks tersebut yang di sebut matriks IE yang berada pada sel I, yaitu tumbuh dan membangun (grow and build). Hasil analisis SWOT terhadap faktor internal dan eksternal Perumahan Royale Sawangan adalah strategi SO (Strength-Opportunity) sebagai strategi alternatif yang direkomendasikan untuk memaksimalkan Kekuatan dan Peluang yang diramalkan. Perumusan strategi menggunakan analisis SWOT dipilih prioritasnya menggunakan AHP. Alternatif strategi yang direkomendasikan kepada Dana Pensiun Perusahaan Pelabuhan dan Pengerukan adalah membangun rumah tipe satu lantai, pembangunan fasilitas umum, redesign rumah, promosi dan pameran properti, kerjasama dengan beberapa kontraktor dan strategi marketing yang dinamis untuk mengantisipasi perubahan regulasi. Diharapkan dengan alternatif strategi prioritas ini Perumahan Royale Sawangan dapat bersaing secara optimal.
Collections
- MT - Business [325]