Show simple item record

dc.contributor.advisorVirianita, Ratri
dc.contributor.authorPutri, Sarah Adiiba
dc.date.accessioned2022-04-17T00:48:34Z
dc.date.available2022-04-17T00:48:34Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111584
dc.description.abstractKerusakan lingkungan adalah permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia bahkan dunia. Kampanye lingkungan berperan untuk menumbuhkan kesadaran pro-lingkungan di masyarakat luas. Kampanye lingkungan dilakukan melalui media sosial Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara karakteristik pengguna Instagram dan keterdedahan kampanye pro-lingkungan melalui media sosial dalam meningkatkan kesadaran pro-lingkungan pengguna media sosial. Penelitian ini mengambil kasus akun media sosial Instagram @sayapilihbumi dalam kampanye pro-lingkungan dengan responden berjumlah 82 orang dengan teknik pengambilan sampel secara aksidental. Variabel penelitian ini terdiri atas karakteristik pengguna Instagram, keterdedahan kampanye pro-lingkungan, dan kesadaran pro-lingkungan. Data diolah dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman untuk data ordinal dan uji Chi-Square dengan alternatif uji Fisher’s Exact untuk data nominal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran pro-lingkungan pengguna Instagram tinggi. Hasil uji korelasi dan Fisher’s Exact menunjukkan karakteristik pengguna Instagram tidak berhubungan dengan kesadaran pro-lingkungan pengguna Instagram, sedangkan keterdedahan kampanye pro-lingkungan berhubungan dengan kesadaran pro-lingkungan pengguna Instagram.id
dc.description.abstractEnvironmental damage is a problem faced by Indonesia and even the world. Environmental campaign to raise pro-environment awareness in the wider community. Environmental campaigns are carried out through Instagram. The purpose of this study was to analyze the relationship between the characteristics of Instagram users and the exposure of pro-environmental campaigns through social media in increasing pro-environmental awareness of social media users. This study takes the case of the Instagram social media account @sayapilihbumi in a pro-environment campaign with respondents, 82 people with accidental sampling techniques. The variables of this research consist of characteristics of Instagram users, exposure to pro environment campaigns, and pro-environment awareness. The data was processed using the Spearman Rank correlation test for ordinal data dan Chi-Square test with alternatif Fisher’s Exact test untuk data nominal. The results showed that the pro-environmental awareness of Instagram users was high. The results of the correlation test show that the characteristics of Instagram users are not related to pro-environmental awareness of Instagram users, while the exposure of pro-environment campaigns is related to pro-environmental awareness of Instagram users.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleHubungan Antara Karakteristik Pengguna Instagram dan Keterdedahan Kampanye Pro-Lingkungan melalui Instagram dengan Kesadaran Pro-Lingkunganid
dc.title.alternativeCharacteristic of Instagram User dan Exposure of Pro-Environmental Campaign via Instagram and Pro-Environmental Awarenessid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordcampaign exposureid
dc.subject.keywordpro-environmentid
dc.subject.keywordpro-environment awarenessid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record