Show simple item record

dc.contributor.advisorRifin, Amzul
dc.contributor.advisorSafari, Arief
dc.contributor.authorFajar Kamil, Mohamad
dc.date.accessioned2022-03-29T08:12:07Z
dc.date.available2022-03-29T08:12:07Z
dc.date.issued2022-01-31
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111457
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi bisnis yang tepat untuk PT JFT selaku distributor alat dan mesin pengolahan pasca panen industri peternakan. Sebagai perusahaan distributor PT JFT tidak terlepas dari tantangan dan ancaman perubahan eksternal dan internal perusahaan. Sehingga perusahaan perlu melakukan perkembangan bisnis kearah yang lebih baik untuk keberlangsungan bisnis perusahaan pada pasar yang kompetitif. Pemetaan ini dilakukan untuk kondisi bisnis saat ini yang dijalankan oleh perusahaan menggunakan business model canvas (BMC) dan akan diperdalam dengan analisis eksternal dan internal, matriks Internal-Eksternal (IE) dan Focus Group Discussion (FGD) untuk mendapatkan pengembangan BMC yang baru. Jenis dan sumber data yang digunakan terdiri dari data primer, diperoleh langsung melalui wawancana mendalam dan kuisioner serta diskusi kelompok terarah dengan 7 orang pakar ahli internal dan eksternal dari perusahaan. Waktu penelitian dilakukan selama November-Desember 2021. Hasil penelitian didapatkan posisi perusahaan berada dalam sel nomor V yang menunjukkan implikasi strategi perusahaan adalah menjaga dan mempertahankan dengan konsep berkembang dan stabilitas perusahaan. Penelitian ini menghasilkan isu strategis yang dapat diimplementasikan oleh PT JFT, yaitu melakukan penetrasi pasar yang lebih intensif dengan penambahan segmen pelanggan pasar menengah dan berkembang untuk industri pengolahan pangan serta lebih fokus pada segmen penanganan pasca panen industri peternakan. Selain itu isu strategis lainnya adalah perusahaan perlu memperkuat sumber daya utama yang dimiliki dari sisi kualitas dan kuantitas untuk mendukung penetrasi pasar yang lebih intensif, serta melakukan pengembangan saluran-saluran dan aktifitas utama perusahaan yaitu melakukan kegiatan pada e-commerce.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcAnalisis Eksternal dan Internal, Bisnis Model Kanvas, Matriks Internal-Eksternalid
dc.titleStrategi Pengembangan Bisnis Distributor Alat dan Mesin Industri Berbasis Hasil Ternak (Studi Kasus PT JFT)id
dc.title.alternativeBusiness Development Strategy for Post-Harvest Livestock-Based Industrial Equipment and Machinery Distributor (Study Case PT JFT)id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordBusiness Model Canvasid
dc.subject.keywordExternal dan Internal Analysisid
dc.subject.keywordInternal-External Matrixid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record