dc.description.abstract | Kondisi pandemi Covid-19 pada saat ini, mengakibatkan terhambatnya kegiatan
pariwisata di kawasan wisata. Kegiatan promosi penting dilakukan untuk
mempromosikan keberadaan kawasan wisata dengan promosi melalui media sosial
khususnya instagram. Tujuan penelitian adalah menganalisis efektivitas instagram
sebagai media promosi Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Metode
yang digunakan yaitu metode survei dengan data kuantitatif berupa kuesioner yang
didukung oleh data kualitatif dengan teknik wawancara mendalam. Penentuan responden
penelitian sebanyak 70 orang dengan menggunakan pengambilan sampel aksidental.
Hasil penelitian menujukkan terdapat hubungan yang nyata karakteristik pengunjung
dengan efektivitas media sosial instagram hanya pada indikator umur, pendidikan, dan
pendapatan, terdapat hubungan nyata keterdedahan media komunikasi dan efektivitas
media sosial instagram korelasi pada indikator attention dan interest, serta indikator
interest dan desire menunjukkan hubungan nyata dan sangat nyata dengan tindakan
setelah berkunjung, artinya semakin meningkat interest dan desire maka tindakan setelah
berkunjung pengunjung ke Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan
semakin meningkat. | id |