View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Economic and Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Economic and Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Perilaku Pengguna Sistem Informasi Manajemen Layanan Komite Akreditasi Nasional

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (643.4Kb)
      Fullteks (11.13Mb)
      Lampiran (3.053Mb)
      Date
      2020
      Author
      Rosiana, Lisa
      Hubeis, Musa
      Cahyadi, Eko Ruddy
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Aplikasi sistem informasi manajemen (SIM) layanan akreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang dikenal dengan nama aplikasi KAN MIS adalah aplikasi SIM yang memanfaatkan teknologi jaringan internet digunakan dalam mempermudah dan mempercepat proses akreditasi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik pengguna SIM layanan akreditasi KAN, menganalisis tingkat kepentingan dan tingkat kinerja layanan akreditasi menggunakan SIM layanan akreditasi KAN, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pengguna SIM layanan akreditasi KAN. Penelitian ini dengan teknik purposive sampling dan jumlah sampel 128 responden dari kantor Lembaga Penilaian Kesesuaian atau LPK di dalam dan luar pulau Jawa. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan statistik diskriptif, analisis kuantitatif dengan menghitung indeks kepuasan pengguna atau customer satisfaction index (CSI), Importance performace Analysis (IPA), structural equation modelling partial least square (SEM PLS) mengacu pada teori technology acceptance model (TAM). Software yang digunakan pada penelitian ini microsoft office excel 2016, Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 21, smart PLS 2.0. Analisis karakteristik pengguna SIM layanan akreditasi KAN diperoleh hasil 80% pengguna berasal dari pulau Jawa dan 20% (luar pulau Jawa), 69% (lembaga sertifikasi) dan 31% (lembaga inspeksi). Analisis indeks kepuasan pengguna menunjukkan skor nilai kepuasan seluruh pengguna 75% diartikan puas dengan aplikasi KAN MIS. Skor nilai kepuasan pengguna di luar pulau Jawa 82% (sangat puas) dan dalam pulau Jawa 74% (puas), serta skor nilai kepuasan pengguna dari lembaga sertifikasi dan lembaga inspeksi pada tingkatan yang sama puas terhadap aplikasi KAN MIS. Analisa tingkat kepentingan dan tingkat kinerja dengan metode IPA menghasilkan prioritas utama adalah penggunaan aplikasi akreditasi KAN MIS untuk mempercepat waktu proses akreditasi dan sekretariat KAN memberikan tanggapan yang cepat terhadap tindakan perbaikan yang dikirim LPK melalui aplikasi akreditasi KAN MIS. Analisis SEM PLS pada penelitian ini mengacu pada teori TAM dengan menambahkan dua faktor peubah eksternal, yaitu mutu jaringan internet dan dukungan kepemimpinan. Hasil SEM menunjukkan dukungan kepemimpinan, mutu jaringan internet, persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, sikap terhadap penggunaan berpengaruh pada niat perilaku untuk menggunakan dan penggunaan secara nyata. Mutu jaringan internet hanya berpengaruh pada persepsi kemudahan dan dukungan kepemimpinan berpengaruh pada persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan. Hasil lainnya didapatkan tiga kategori pengaruh yaitu pengaruh utama dari niat untuk menggunakan dan persepsi kemanfaatan, pengaruh pendukung dari persepsi kemudahan dan sikap terhadap penggunaan serta pengaruh penunjang dari dukungan kepemimpinan dan mutu jaringan internet.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/110749
      Collections
      • MT - Economic and Management [3183]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository