Perilaku Pengguna Sistem Informasi Manajemen Layanan Komite Akreditasi Nasional
Abstract
Aplikasi sistem informasi manajemen (SIM) layanan akreditasi Komite
Akreditasi Nasional (KAN) yang dikenal dengan nama aplikasi KAN MIS adalah
aplikasi SIM yang memanfaatkan teknologi jaringan internet digunakan dalam
mempermudah dan mempercepat proses akreditasi. Tujuan penelitian ini adalah
menganalisis karakteristik pengguna SIM layanan akreditasi KAN, menganalisis
tingkat kepentingan dan tingkat kinerja layanan akreditasi menggunakan SIM
layanan akreditasi KAN, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku
pengguna SIM layanan akreditasi KAN. Penelitian ini dengan teknik purposive
sampling dan jumlah sampel 128 responden dari kantor Lembaga Penilaian
Kesesuaian atau LPK di dalam dan luar pulau Jawa. Teknik analisis pada penelitian
ini menggunakan statistik diskriptif, analisis kuantitatif dengan menghitung indeks
kepuasan pengguna atau customer satisfaction index (CSI), Importance performace
Analysis (IPA), structural equation modelling partial least square (SEM PLS)
mengacu pada teori technology acceptance model (TAM). Software yang
digunakan pada penelitian ini microsoft office excel 2016, Statistical Package for
the Social Sciences (SPSS) versi 21, smart PLS 2.0.
Analisis karakteristik pengguna SIM layanan akreditasi KAN diperoleh hasil
80% pengguna berasal dari pulau Jawa dan 20% (luar pulau Jawa), 69% (lembaga
sertifikasi) dan 31% (lembaga inspeksi). Analisis indeks kepuasan pengguna
menunjukkan skor nilai kepuasan seluruh pengguna 75% diartikan puas dengan
aplikasi KAN MIS. Skor nilai kepuasan pengguna di luar pulau Jawa 82% (sangat
puas) dan dalam pulau Jawa 74% (puas), serta skor nilai kepuasan pengguna dari
lembaga sertifikasi dan lembaga inspeksi pada tingkatan yang sama puas terhadap
aplikasi KAN MIS. Analisa tingkat kepentingan dan tingkat kinerja dengan metode
IPA menghasilkan prioritas utama adalah penggunaan aplikasi akreditasi KAN MIS
untuk mempercepat waktu proses akreditasi dan sekretariat KAN memberikan
tanggapan yang cepat terhadap tindakan perbaikan yang dikirim LPK melalui
aplikasi akreditasi KAN MIS.
Analisis SEM PLS pada penelitian ini mengacu pada teori TAM dengan
menambahkan dua faktor peubah eksternal, yaitu mutu jaringan internet dan
dukungan kepemimpinan. Hasil SEM menunjukkan dukungan kepemimpinan,
mutu jaringan internet, persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, sikap terhadap
penggunaan berpengaruh pada niat perilaku untuk menggunakan dan penggunaan
secara nyata. Mutu jaringan internet hanya berpengaruh pada persepsi kemudahan
dan dukungan kepemimpinan berpengaruh pada persepsi kemudahan dan persepsi
kemanfaatan. Hasil lainnya didapatkan tiga kategori pengaruh yaitu pengaruh
utama dari niat untuk menggunakan dan persepsi kemanfaatan, pengaruh
pendukung dari persepsi kemudahan dan sikap terhadap penggunaan serta pengaruh
penunjang dari dukungan kepemimpinan dan mutu jaringan internet.
Collections
- MT - Economic and Management [2877]