Show simple item record

dc.contributor.advisorHubeis, Musa
dc.contributor.advisorCahyadi, Eko Ruddy
dc.contributor.authorRosiana, Lisa
dc.date.accessioned2022-01-22T13:16:31Z
dc.date.available2022-01-22T13:16:31Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/110749
dc.description.abstractAplikasi sistem informasi manajemen (SIM) layanan akreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang dikenal dengan nama aplikasi KAN MIS adalah aplikasi SIM yang memanfaatkan teknologi jaringan internet digunakan dalam mempermudah dan mempercepat proses akreditasi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik pengguna SIM layanan akreditasi KAN, menganalisis tingkat kepentingan dan tingkat kinerja layanan akreditasi menggunakan SIM layanan akreditasi KAN, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pengguna SIM layanan akreditasi KAN. Penelitian ini dengan teknik purposive sampling dan jumlah sampel 128 responden dari kantor Lembaga Penilaian Kesesuaian atau LPK di dalam dan luar pulau Jawa. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan statistik diskriptif, analisis kuantitatif dengan menghitung indeks kepuasan pengguna atau customer satisfaction index (CSI), Importance performace Analysis (IPA), structural equation modelling partial least square (SEM PLS) mengacu pada teori technology acceptance model (TAM). Software yang digunakan pada penelitian ini microsoft office excel 2016, Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 21, smart PLS 2.0. Analisis karakteristik pengguna SIM layanan akreditasi KAN diperoleh hasil 80% pengguna berasal dari pulau Jawa dan 20% (luar pulau Jawa), 69% (lembaga sertifikasi) dan 31% (lembaga inspeksi). Analisis indeks kepuasan pengguna menunjukkan skor nilai kepuasan seluruh pengguna 75% diartikan puas dengan aplikasi KAN MIS. Skor nilai kepuasan pengguna di luar pulau Jawa 82% (sangat puas) dan dalam pulau Jawa 74% (puas), serta skor nilai kepuasan pengguna dari lembaga sertifikasi dan lembaga inspeksi pada tingkatan yang sama puas terhadap aplikasi KAN MIS. Analisa tingkat kepentingan dan tingkat kinerja dengan metode IPA menghasilkan prioritas utama adalah penggunaan aplikasi akreditasi KAN MIS untuk mempercepat waktu proses akreditasi dan sekretariat KAN memberikan tanggapan yang cepat terhadap tindakan perbaikan yang dikirim LPK melalui aplikasi akreditasi KAN MIS. Analisis SEM PLS pada penelitian ini mengacu pada teori TAM dengan menambahkan dua faktor peubah eksternal, yaitu mutu jaringan internet dan dukungan kepemimpinan. Hasil SEM menunjukkan dukungan kepemimpinan, mutu jaringan internet, persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, sikap terhadap penggunaan berpengaruh pada niat perilaku untuk menggunakan dan penggunaan secara nyata. Mutu jaringan internet hanya berpengaruh pada persepsi kemudahan dan dukungan kepemimpinan berpengaruh pada persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan. Hasil lainnya didapatkan tiga kategori pengaruh yaitu pengaruh utama dari niat untuk menggunakan dan persepsi kemanfaatan, pengaruh pendukung dari persepsi kemudahan dan sikap terhadap penggunaan serta pengaruh penunjang dari dukungan kepemimpinan dan mutu jaringan internet.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePerilaku Pengguna Sistem Informasi Manajemen Layanan Komite Akreditasi Nasionalid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordinformation systemid
dc.subject.keywordleadership supportid
dc.subject.keywordTAMid
dc.subject.keyworduser behaviorid
dc.subject.keywordquality of internet connectionid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record