Show simple item record

dc.contributor.advisorArkeman, Yandra
dc.contributor.advisorHasbullah, Rokhani
dc.contributor.authorPragiwaksana, Marcel
dc.date.accessioned2021-12-02T02:27:20Z
dc.date.available2021-12-02T02:27:20Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/110068
dc.description.abstractTransformasi bisnis merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh perusahaan yang didorong suatu keadaan yang kurang menguntungkan menuju ke kondisi yang lebih baik untuk mencapai keuntungan bisnis yang maksimal. Kebutuhan di bidang logistik semakin meningkat seiring dengan konvergensi kebutuhan pangan di berbagai daerah yang meningkat (BPS 2018) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pelaksanaan model bisnis PILOG sebagai penyedia jasa logistik dalam mengambil potensi bisnis logistik di induk perusahaan sebagai third-party logistics. Studi ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Dalam hal ini data kualitatif diambil berdasarkan metode purposive sampling, sementara data kuantitatif diambil dari data sekunder perusahaan. Metode penelitian deskriptif digunakan untuk mengetahui gambaran model bisnis perusahaan yang sedang berjalan melalui identifikasi Business Model Canvass (BMC) dengan analisis SWOT, Value Proposition Canvass (VPC) digunakan untuk menganalisis lebih dalam mengenai value proposition perusahaan dan customer segment pada BMC, Cost Structure (CS) digunakan untuk menganalisis potensi pendapatan dan biaya PILOG sebagai third- party logistics. Analisis finansial perusahaan untuk mengukur efektivitas dari penambahan pendapatan dari potensi bisnis PT Pupuk Indonesia Holding Company di wilayah Jawa Tengah yang diukur dari tingkat profitabilitasnya. Rasio profitabilitas yang digunakan oleh peneliti yaitu NPM (Net Profit Margin) Hasil dari penelitian ini menunjukan PILOG memperoleh pendapatan jasa dari layanan angkutan darat sebesar Rp 422,432 miliar dengan memdistribusikan 1,610,505 ton pupuk ke wilayah Jawa Tengah dan tambahan pendapatan jasa dari pengelolaan pergudangan sebesar Rp 51,06 miliar dengan mengelola 84 gudang dengan total kapasitas 332,456 ton pupuk. Dengan adanya penambahan layanan jasa transportasi dan pergudangan maka pendapatan jasa PILOG meningkat menjadi Rp 883,735 miliar, dengan realisasi profit sebesar Rp 97,215 miliar. Hasil analisis rasio profitabilitas menggunakan Net Profit Margin (NPM) diperoleh peningkatan profitabilitas PILOG sebesar 13,2%.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleTransformasi Model Bisnis PT Pupuk Indonesia Logistik Menjadi Perusahaan Third-Party Logisticsid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordanalisis finansialid
dc.subject.keywordmodel bisnis kanvasid
dc.subject.keywordstruktur biayaid
dc.subject.keywordthird-party logisticsid
dc.subject.keywordtransformasi model bisnisid
dc.subject.keywordvalue proposition canvasid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record