Show simple item record

dc.contributor.advisorJahroh, Siti
dc.contributor.advisorRianti Priadi, Cindy
dc.contributor.authorSetia Lestari, Yulia
dc.date.accessioned2021-10-29T08:51:53Z
dc.date.available2021-10-29T08:51:53Z
dc.date.issued2021-10-23
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/109761
dc.description.abstractUniversitas Indonesiamemiliki program studi baru yaituProgramMagister Teknik Lingkunganyang beradadibawah Departemen Teknik Sipil dan Lingkungansehingga diperlukan upaya dalam menarikpeminat. Program studi tersebut merupakan pengembangan dariProgram Magister Teknik Sipil kekhususan Teknik Lingkunganyang telah berdiri semenjak tahun 2010.Namun mahasiswa magister teknik lingkungan yang berasal dari program sarjana dalam departemen yang sama masih sedikit jumlahnya.Tujuan penelitian ini untuk menganalisisfaktor-faktor yang memengaruhiminat mahasiswaprogram sarjana untuk melanjutkan studi padaProgramMagister Teknik Lingkungan Universitas Indonesia, sehingga dapat dirumuskan rekomendasidalam meningkatkan jumlah mahasiswa Magister Teknik Lingkungan Universitas Indonesia. Penelitian dilakukan dalamkurun waktu April hingga Juni 2021.Responden terdiri dari 110 mahasiswa program sarjana tingkat akhir dan masih aktif di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Universitas Indonesia.Teknis pengolahan data menggunakanStructural Equation Modeling(SEM)dengan pendekatanPartial Least Square(PLS). Penelitian inididasarkan padaTheory of Planned BehaviordanService Quality.Penelitian initerdapatvariabel endogen yaituminat melanjutkan studi, sedangkan variabel eksogen yaitusikap, norma subjektif,kontrol perilaku dan kualitas pelayanan.Hasil penelitian ini juga didukung oleh wawancara mendalam terhadapdelapanmahasiswa magister teknik sipil kekhususan teknik lingkungan. Berdasarkan tingkatsignifikansi 5%, terdapat dua variabel yangsignifikan yaitu sikap dan norma subjektif.Sedangkan dua variabel lain yang tidak signifikan yaitukontrol perilakudan kualitas pelayanan.Hasiltersebutmenunjukkan bahwa sikap dan norma subjektif merupakan faktor yang memengaruhi minatmahasasiswa program sarjanauntuk melanjutkan studi padaProgram Magister Teknik Lingkungan Universitas Indonesia.Kedua faktor tersebutberpengaruh secara positif, yang berartisemakin tinggi faktor sikap dan norma subjektif dikalangan mahasiswa programsarjana maka semakin meningkatkan minat melanjutkan studi pada Magister Teknik Lingkungan. Norma subjektif memiliki nilailoading factor lebih tinggi daripada sikap. Hal tersebut menunjukkan bahwanorma subjektif mempunyai pengaruh lebih besar daripada sikap.Faktor sosial di sekitar mahasiswa berpengaruh terhadap minatnya melanjutkan studi. Semakin banyak orang disekitar mahasiswa yang mendukung untuk melanjutkan studi pada ProgramMagister Teknik Lingkungan Universitas Indonesiamaka semakin tinggi minatmahasiswa tersebut untuk melanjutkan studinya. Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan UIperlu melakukan upaya untuk meningkatkanpeminatProgram Magister Teknik Lingkungan yang berasal dari program sarjana dengan memperhatikan faktor sikap dan norma subjektif.Upaya peningkatan sikap positif adalah mengubah kepercayaan dan menambahkan atribut Program Magister Teknik Lingkungan Universitas Indonesia. Hal tersebut dapat dilakukan melalui strategi pemasaran digitalyaitu mempromosikan keunggulan ProgramMagister Teknik Lingkungan Universitas Indonesiasecara berkala.Peran norma subjektif yang ditingkatkan adalah mendorongperan kelompok acuan sosial terutamadosen, tenaga kependidikan dan temandalammemengaruhi minat mahasiswa program sarjanauntukmelanjutkan studi padaProgram Magister Teknik Lingkungan UniveristasIndonesia.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcPeminat, Theory of Planned Behavior, Service Quality, Strategi Pemasaran Digitalid
dc.titleMinat Mahasiswa Program Sarjana untuk Melanjutkan Studi pada Program Magister Teknik Lingkungan Universitas Indonesiaid
dc.title.alternativeThe Intention of Undergraduate Students to Continue Study in Environmental Engineering Master’s Program at Universitas Indonesiaid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordApplicants, Digital Marketing Stragtegy, Theory of Planned Behavior, Service Qualityid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record