Show simple item record

dc.contributor.advisorNajib, Mukhamad
dc.contributor.advisorSuroso, Arif Imam
dc.contributor.authorLuciano, Clarissa Laras
dc.date.accessioned2021-10-14T00:26:00Z
dc.date.available2021-10-14T00:26:00Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/109629
dc.description.abstractProduk skincare lokal merupakan produk perawatan wajah yang dibuat oleh perusahaan asal Indonesia. Beberapa tahun terakir produk skincare lokal semakin banyak bermunculan. Tidak hanya produk khusus untuk wanita, produk skincare lokal pria juga semakin banyak dipasaran. Produk pembersih wajah merupakan salah satu produk skincare yang digunakan oleh sebagian besar pria Indonesia. Kehadiran pembersih wajah lokal untuk pria saat ini masih terbilang baru apabila dibandingkan dengan produk global yang telah lama hadir dipasaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat beli pembersih wajah lokal untuk pria. Faktor dugaan yang dapat memengaruhi minat beli adalah eWOM, brand awareness, etnosentrisme konsumen, dan perceived product quality. Sementara faktor dugaan yang dapat memengaruhi brand awareness adalah eWOM dan faktor dugaan yang dapat memengaruhi perceived product quality adalah etnosentrisme konsumen. penelitian ini dilakukan terhadap 261 responden yang dipilih secara non-probability sampling dengan kriteria belum pernah menggunakan produk pembersih wajah lokal untuk pria. Data dikumpulkan dengan cara mengisi kuesioner yang disebarkan secara online. Analisis statistik yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Model) dengan menggunakan LISREL. Hasil penelitian menunjukan brand awareness, etnosentrisme konsumen, dan perceived product quality berpengaruh langsung secara signifikan terhadap minat beli, sementara eWOM tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. ewom berpengaruh secara signifikan terhadap brand awareness dan etnosentrisme konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap perceived product quality. Adapun terdapat pengaruh tidak langsung antara eWOM terhadap minat beli melalui brand awareness dan antara etnosentrisme konsumen terhadap minat beli melalui perceived product quality. Beberapa bentuk implikasi manajerial yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah meningkatkan pemasaran melalui eWOM dengan meminta review konsumen baik berupa pernyataan tertulis atau berbentuk video, memberikan reward seperti diskon pada pembelian berikutnya kepada konsumen yang telah memberikan review, serta bekerja sama dengan influencer dan Key Opinion Leader. Selanjutnya perusahaan dapat meningkatkan image produk lokal dengan menambahkan tulisan “made in Indonesia” atau “buatan Indonesia” pada produknya, menambah informasi mengenai manfaat dan kualitas produk, dan melakukan penjualan secara offline.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleFaktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Beli Produk Pembersih Wajah Lokal untuk Priaid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordBrand Awarenessid
dc.subject.keywordEtnosentrisme Konsumenid
dc.subject.keywordeWOMid
dc.subject.keywordMinat beliid
dc.subject.keywordPerceived Product Qualityid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record