Efektivitas Strategi Cyber Government Public Relations dalam Diseminasi Informasi Kesehatan sebagai Bentuk Komunikasi Krisis (Kasus: Informasi Kesehatan Covid-19 Masyarakat Kabupaten Bogor)
Abstract
Kabupaten Bogor dilanda krisis pandemi Covid-19. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah salah satunya dengan diseminasi informasi kesehatan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor. Diseminasi secara online utamanya dilakukan pada website, Instagram, Twitter, dan Facebook. Namun, angka penularan Covid-19 dan pelanggaran protokol masih terus meningkat. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana efektivitas strategi cyber GPR Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam diseminasi informasi kesehatan sebagai bentuk komunikasi krisis. Metode yang digunakan adalah metode penelitian survei online dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung dengan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dengan menggunakan kuesioner online dan data kualitatif dilakukan dengan wawancara mendalam baik secara online maupun tatap muka. Pengambilan responden dilakukan dengan mengombinasikan teknik sampling voluntary dan purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara usia dan tingkat pendidikan dengan tingkat diseminasi. Hanya pada website penilaian terhadap media berhubungan dengan tingkat keterdedahan responden. Sedangkan, tidak ditemukan hubungan antara sikap dengan tingkat keterdedahan responden