Show simple item record

dc.contributor.advisorFeryanto
dc.contributor.authorWijaya, Puspa Hidayah
dc.date.accessioned2021-07-24T00:01:17Z
dc.date.available2021-07-24T00:01:17Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/107739
dc.description.abstractRumput laut merupakan komoditas unggulan ekspor di bidang perikanan karena produksi nasional dan permintaan global yang melimpah, serta banyak dikembangkan masyarakat pesisir untuk meningkatkan perekonomian, karena teknik produksi budidaya rumput laut mudah dan murah dengan risiko gagal panen rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing ekspor rumput laut Indonesia di pasar internasional. Data yang digunakan berupa data sekunder time series yang dikeluarkan oleh United Nation Comtrade, Badan Pusat Statistik dan International Trade Center dari tahun 2012 hingga 2020. Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode Dynamic Revealed Comparative Advantage (DRCA) dan Korelasi Pearson. Hasil penghitungan RCA dinamis menunjukkan bahwa posisi daya saing rumput laut dengan kategori rising star berpotensi untuk ditingkatkan ekspornya kepasar internasional. Produk rumput laut kering yang perlu ditingkatkan ekspornya adalah HS 121221 dan HS 130239, dan rumput laut yang memiliki prospek untuk dijadikan komoditas ekspor unggulan adalah HS 130239, sedangkan untuk HS 121229 dan HS 130231 juga memiliki potensi untuk menjadi komoditas unggulan karena peningkatan nilai DRCA nya yang cenderung meningkat. Selain itu, terdapat hubungan antara daya saing ekspor Indonesia dengan China pada rumput laut kode HS 121221 dan 121229. Peningkatan ekspor rumput laut dapat dilakukan dengan cara: 1) Mengembangkan budidaya dan penataan industri pengolahan berbasis rumput laut baik rumput laut bahan baku ataupun rumput laut olahan, dan 2) Mengembangkan kegiatan produksi rumput laut untuk industri wewangian dan pencelupan.id
dc.description.abstractSeaweed is a leading export commodity in fisheries due to national production and abundant global demand, as well as many coastal communities developed to improve the economy, because seaweed cultivation production techniques are easy and cheap with the risk of low crop failure. This study aims to analyze the competitiveness of Indonesian seaweed exports in the international market. The data used is time series secondary data issued by United Nation Comtrade, the Central Bureau of Statistics and the International Trade Center from 2012 to 2020. The analysis method used is by Dynamic Revealed Comparative Advantage (DRCA) and Pearson Correlation method. The results of dynamic RCA calculations show that the position of seaweed competitiveness with the rising star category has the potential to increase its exports to the international market. Dry seaweed products that need to be increased exports are HS 121221 and HS 130239, and seaweed that has the prospect to be a leading export commodity is HS 130239, while for HS 121229 and HS 130231 also has the potential to become a leading commodity due to the increase in the value of its DRCA which tends to increase. In addition, there is a relationship between the competitiveness of Indonesia's exports with China in seaweed hs codes 121221 and 121229. Increasing seaweed exports can be done by: 1) Developing the cultivation and structuring of seaweed-based processing industries both raw material seaweed and processed seaweed, and 2) Developing seaweed production activities for the fragrance and dyeing industry.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePosisi dan Daya Saing Ekspor Rumput Laut Indonesia di Pasar Internasionalid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordcompetitivenessid
dc.subject.keywordDRCAid
dc.subject.keywordexportsid
dc.subject.keywordseaweedid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record