Show simple item record

dc.contributor.advisorRosiana, Nia
dc.contributor.authorBr Sihotang, Mega Putri
dc.date.accessioned2021-07-07T09:36:22Z
dc.date.available2021-07-07T09:36:22Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/107269
dc.description.abstractBanyaknya pesaing dalam dunia industri kelapa sawit menjadi tantangan bagi perusahaan-perusahaan perkebunan salah satunya ialah PT Supra Matra Abadi. Akibat dari banyaknya perusahaan yang ingin masuk ke industri kelapa sawit menyebabkan akses terhadap lahan menjadi semakin terbatas. Di sisi lain, PT Supra Matra Abadi dalam memproduksi CPO mengalami penurunan produksi sebesar 4,8 % selama tiga tahun terakhir ini. Hal ini menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk meninjau hal-hal apa saja yang menyebabkan turunnya produksi CPO pada PT Suptra Matra Abadi. Maka dari itu, tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang dihadapi PT Supra Matra Abadi dan (2) Merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha yang dapat diterapkan sesuai dengan potensi perusahaan serta menentukan prioritas strategi yang tepat bagi PT Supra Matra Abadi. Metode dan alat yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis perumusan strategi tiga tahap yang terdiri dari tahap input (matriks IFE dan matriks EFE), tahap pencocokan (matriks IE dan matriks SWOT), dan tahap pengambilan keputusan (matriks QSP). Berdasarkan hasil analisis matriks IE, PT Supra Matra Abadi berada pada sel I (satu) yang berarti dalam posisi tumbuh dan membangun. Pada matriks SWOT, terdapat delapan alternatif strategi. Prioritas strategi utama yaitu meningkatkan efisiensi biaya produksi perusahaan dengan nilai STAS sebesar 6,36.id
dc.description.abstractThe number of competitors in the palm oil industry is a challenge for plantation companies, one of which is PT Supra Matra Abadi. As a result of the large number of companies that want to enter the palm oil industry, access to land is becoming increasingly limited. On the other hand, in producing CPO PT Supra Matra Abadi has experienced a production decline of 4,8 % in the last three years. This is a consideration for company to consider the factors that have caused the declined in CPO production at PT Supra Matra Abadi. Therefore, the objectives of this study are (1) Identifying and analyzing internal and external factors faced by PT Supra Matra Abadi and (2) Formulating a business development strategy that can be appied according to potential as well as internal factors and external factors that influence PT Supra Matra Abadi. The method and tools used in this research is a three-stage strategy formulation analysis consisting of the input stage (IFE matrix and EFE matrix), the matching stage (IE matrix and SWOT matrix), and the decision-making stage (QSP matrix). IE matrix showed that the company located by quadran one with the position grow and build. The SWOT matrix formulated eight alternative strategies. The main strategic priority is to increase the efficiency of the company’s production costs with STAS value 6,36.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Pengembangan Usaha Minyak Kelapa Sawit (CPO) pada PT Supra Matra Abadiid
dc.title.alternativeThe Business Development Strategy of Palm Oil (CPO) in PT Supra Matra Abadiid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordCPOid
dc.subject.keywordbusiness developmentid
dc.subject.keywordpriority strategyid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record