dc.description.abstract | Kesadaran masyarakat akan hidup sehat semakin berkembang di Indonesia.
Vegetarian menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam menerapkan pola hidup
sehat. Salah satu restoran vegetarian yang saat ini berdiri yaitu Bite n Chat yang
berada pada lingkungan yang kompetitif di bidang kuliner di Jakarta Utara. Saat
ini, restoran Bite n Chat mengalami permasalahan berupa penurunan omzet
sebesar 8,9 persen dari bulan Januari hingga September 2020. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor – faktor
internal dan eksternal sehingga dapat merumuskan alternatif strategi bisnis yang
terbaik untuk diterapkan oleh Bite n Chat. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan
matriks QSP. Pada matriks IE, Bite n Chat memiliki kondisi lingkungan internal
yang sedang dan eksternal yang kuat sehingga berada pada sel II yaitu posisi
tumbuh dan membangun. Terdapat enam alternatif strategi yang dihasilkan
matriks SWOT dengan prioritas strategi yaitu meningkatkan kegiatan promosi
yang lebih intensif secara online dan offline yang diperoleh dari hasil analisis
matriks QSP. | id |