dc.contributor.advisor | Prastowo | |
dc.contributor.author | Cahyaningtyas, Alda Pakarti | |
dc.date.accessioned | 2021-05-28T00:54:01Z | |
dc.date.available | 2021-05-28T00:54:01Z | |
dc.date.issued | 2021 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106871 | |
dc.description.abstract | Sistem drainase dari MRT diperlukan untuk menanggulangi situasi
emergency saat banjir tidak dapat terbendung lagi oleh bangunan outlet, dimana air
akan dialirkan ke kolam kolektor di bawah tanah untuk ditampung sementara.
Penelitian ini bertujuan menelaah desain eksisting sistem drainase stasiun yang
mencakup analisis curah hujan rencana dan intensitas hujan, debit limpasan, debit
rencana, dimensi kolam kolektor, serta analisis debit dan total dynamic head
pompa. Hasil analisis menunjukkan debit limpasan sebesar 4,8 m3/det pada DTA 1
dan 3,5 m3/det pada DTA 2. Sebagai perbandingan, dalam penilitian ini telah
dirancang kolam kolektor berbentuk bujur sangkar dengan sisi 6 m dan kedalaman
8 m untuk kolam kolektor I, serta dengan sisi 7 m dan kedalaman 8 m untuk kolam
kolektor II. Diperlukan 7 pompa yang dapat mengalirkan debit sebesar 0,36 m3/det
dengan total dynamic head sebesar 18,93 untuk kolam kolektor I, dan 10 pompa
yang dapat mengalirkan debit 0,52 m3/det dengan total dynamic head 18,62 m
untuk kolam kolektor II dengan tipe standar 125 × 100 Y4 -5 15. Direkomendasikan
untuk menggunakan hasil analisis debit limpasan dalam skripsi ini sebagai debit
rencana dalam kaji ulang bangunan outlet menuju riol kota Sungai Cideng. | id |
dc.description.abstract | Drainage system of MRT is needed to overcome emergency when flood is no
longer contained by outlet structure, where water will be flown towards
underground sump pit for it to contain the water temporarily. The study aimed to
dissect the existing design of station drainage systems that includes analysis of
planned rainfall and rainfall intensity, runoff, design discharge, sump pit
dimensions, and analysis of discharge and total dynamic head of pump. The result
of analysis showed runoff of 4,8 m3/sec in catchment area 1 and 3,5 m3/sec in
catchment area 2. As a comparison, the sump pits that had beed designed in this
research had a shape of a square with sides of 6 m and 8 m depth for sump pit I and
sides of 7 m and 8 m depth for sump pit II. Seven pumps with discharge of 0,36
m3/sec and a total dynamic head of 18,93 m were needed for sump pit I and 10
pumps with a discharge of 0,52 m3/sec and total dynamic head of 18,62 m for sump
pit II, with 125 × 100 Y4 -5 15 standard type. It was recommended to use the result
of runoff analysis in this research as design discharge in reviewing the outlet
structure that was connected to Cideng River city sewer. | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.title | Kaji Ulang Sistem Drainase Jalur Mass
Rapid Transit Sarinah di Jakarta Pusat | id |
dc.title.alternative | Review of Drainage System of Sarinah
Mass Rapid Transit Track in Central Jakarta | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | id |
dc.subject.keyword | design discharge | id |
dc.subject.keyword | pump | id |
dc.subject.keyword | rainfall | id |
dc.subject.keyword | runoff | id |
dc.subject.keyword | sump pit | id |