Show simple item record

dc.contributor.advisorMaarif, M. Syamsul
dc.contributor.advisorKirbrandoko, Kirbrandoko
dc.contributor.authorRuswana, Ruswana
dc.date.accessioned2021-05-27T07:16:18Z
dc.date.available2021-05-27T07:16:18Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106870
dc.description.abstractProduk dan layanan utama yang dihasilkan oleh ANTAM adalah sebagai berikut: Layanan Eksplorasi, Layanan Pemrosesan Logam Mulia, Bijih Nikel, Feronikel, Emas, Bijih Bauksit, Alumina, dan sebagian kecil dari Batubara. Semua produk dan layanan dibagi menjadi beberapa segmen sebagai berikut: • Segmen Emas: Emas, Perak, Pemrosesan dan Pemurnian Emas • Segmen Nikel: Bijih Nikel dan Feronikel (diolah dari bijih nikel) • Segmen Bauksit: Bijih Bauksit dan Alumina (Diproses dari Bauksit) • Segmen Lainnya: Batubara, bijih besi dan lainnya Produksi Feronikel ANTAM selama lima tahun terakhir dari 2014 hingga 2018, rekor tertinggi adalah 24.868 TNi, atau dengan kata lain Produksi Feronikel ANTAM tumbuh 47,5% selama lima tahun terakhir. Produksi Alumina ANTAM dari 2016 hingga 2018 terus menurun. Produksi emas dalam lima tahun terakhir terus menurun, hal ini mengakibatkan pasokan untuk Pabrik Pengolahan dan Pemurnian Emas tidak dapat mengandalkan Tambang ANTAM itu sendiri. Sementara pesaing ANTAM, seperti Nikel, Bauksit dan Emas, menunjukkan kinerja yang melebihi ANTAM. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kebijakan strategis yang diambil ANTAM apakah sesuai dengan situasi pasar dan peta persaingan di industri pertambangan. Data penelitian diperoleh melalui Laporan Tahunan ANTAM dan Laporan Tahunan beberapa perusahaan pertambangan lainnya dan memperoleh data lain melalui media internet. Analisis Strategi menggunakan 3 tahap menurut Fred. R. David (2009), tahap satu input matriks IFE (Analisis Faktor Internal) dan EFE (Analisis Faktor Eksternal), tahap dua pencocokan menggunakan Matriks SWOT, Matriks SPACE, Matriks BCG, Matriks IE, Matriks STRATEGI GRAND dan seleksi tahap tiga strategi menggunakan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dipilih sesuai dengan implementasi ANTAM, hanya saja dalam proses implementasi masih perlu koreksi untuk melakukan penyesuaian agar strategi berjalan dengan baik.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Kebijakan Strategis PT Aneka Tambang Tbkid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordNikelid
dc.subject.keywordEmasid
dc.subject.keywordBauksitid
dc.subject.keywordFerronickelid
dc.subject.keywordAluminaid
dc.subject.keywordIFEid
dc.subject.keywordEFEid
dc.subject.keywordSWOTid
dc.subject.keywordSPACEid
dc.subject.keywordBCGid
dc.subject.keywordIEid
dc.subject.keywordGRAND STRATEGYid
dc.subject.keywordQSPMid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record