Pengaruh Customer Experience terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen
Date
2021Author
Adzhani, Nabila Kalya
Hartoyo, Hartoyo
Simanjuntak, Megawati
Metadata
Show full item recordAbstract
E-commerce di Indonesia saat ini berkembang dengan cepat seiring dengan era globalisasi. Dengan berkembangnya e-commerce setiap tahunnya, berdampak positif bagi produsen dan konsumen. Dengan berkembangnya e- commerce beauty, maka adanya kompetisi penjualan dan dibutuhkan customer experience yang baik yang akan menghasilkan kepuasan dan loyalitas konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh customer experience (accessibility, competence, customer recognition, helpfulness, personalization, problem solving, promise fulfillment, dan value for time) terhadap kepuasan pada konsumen Sociolla, menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen Sociolla, dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pada Sociolla. Teknik pengambilan contoh pada penelitian menggunakan metode non- probability sampling dengan teknik convenience sampling. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 230 orang dengan unit analisis adalah individu. Pengumpulan data dilakukan secara online. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS. Penelitian secara online dilakukan pada bulan Mei hingga Agustus 2020 pada konsumen Sociolla yang berdomisili di jabodetabek. Profil responden penelitian ini didominasi oleh wanita yang merupakan pelajar/mahasiswa. Dengan usia dominan yaitu 20 hingga 27 tahun. Pendapatan perbulan rata-rata sebesar kurang dari Rp 2.000.000 dan pengeluaran untuk berbelanja pada Sociolla sebesar Rp 100.000 hingga Rp 500.000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel dari customer experience yaitu competence, problem solving, promise fulfillment, dan value for time berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Artinya, semakin baik aspek competence, problem solving, promise fulfillment, dan value for time, maka kepuasan konsumen akan semakin meningkat. Variabel dari customer experience yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen adalah accessibility, customer recognition, helpfulness, dan personalization. Kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Terdapat beberapa hal yang dapat direkomendasikan berdasarkan implikasi manajerial dalam membentuk alternatif strategi pemasaran untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen. Segmentasi konsumen harus difokuskan berdasarkan karakteristik usia antara 20 hingga 27 tahun. Strategi targeting Sociolla untuk meningkatkan penjualan, Sociolla harus memiliki standar harga yang wajar dan bersaing dengan pesaing, artinya, memiliki standar harga yang wajar namun tetap optimal dalam peningkatan keuntungan dengan melihat tren produk yang sedang diminati dan dibutuhkan oleh konsumen. Untuk strategi positioning, dapat merujuk pada aspek yang dianggap penting oleh konsumen Sociolla dan memenuhi harapannya.
Collections
- MT - Business [1567]