Show simple item record

dc.contributor.advisorBaga, Lukman M
dc.contributor.advisorNovianti, Tanti
dc.contributor.authorZuharo, Armahedi Mazhar
dc.date.accessioned2021-05-19T03:46:27Z
dc.date.available2021-05-19T03:46:27Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.citationournal Title = International Journal of Research and Review Journal Abbreviated Title = IJRR Journal Volume = 8 Journal Issue Number = 2 Journal Issue Date = February 2021 Paginatioan = 177-187id
dc.identifier.issn2349-9788
dc.identifier.issn2454-2237
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106801
dc.description.abstractPergeseran perilaku belanja masyarakat dari tradisional menjadi online memberikan dampak pertumbuhan ekonomi pada sektor logistik. Tentu saja, aktivitas belanja online saat ini sangat membutuhkan peran perusahaan jasa pengiriman paket. Setiap tahunnya industri logistik di Indonesia selalu mengalami peningkatan. Hal tersebut mengakibatkan tingginya tingkat persaingan pada industri logistik atau jasa pengiriman paket. Salah satu perusahaan jasa pengiriman paket di Indonesia adalah JNE. JNE sebelumnya telah menjadi market leader. Namun tiga tahun terakhir ini, JNE mengalami penurunan pangsa pasar akibat bermunculnya perusahaan pesaing. Salah satu strategi yang dilakukan oleh JNE agar tetap bertahan adalah melakukan strategi keagenan/sales counter. Sales counter JNE Gaplek merupakan salah satu agen yang dimiliki JNE pada wilayah Pamulang, Tangerang Selatan. Sales counter JNE Gaplek memiliki citra sebagai kantor pusat perwakilan JNE Tangerang Selatan. Namun, tingginya persaingan keagenan jasa pengiriman paket berakibat pada penurunan share profit pada sales counter JNE Gaplek. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menyusun strategi bersaing pada sales counter JNE Gaplek dalam meningkatkan share profit dengan berdasarkan kondisi internal dan eksternal yang dimiliki. Responden penelitian ini terdiri dari responden eksternal (konsumen) dan responden internal (pihak internal sales counter JNE Gaplek). Pengumpulan data primer dilakukan dengan melakukan penyebaran kuisioner kepada 20 responden eksternal kemudian melakukan wawancana dan pengisian kuisioner terhadap 5 responden internal. Data dari responden eksternal yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Sedangkan data yang diperoleh ntuk responden eksternal dianalisis dengan menggunakan matriks IFE dan EFE, Porter’s five forces, dan Matriks IE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis IPA, fokus perbaikan pada kepuasan pelanggan berada pada kuadran I dan III. Hasil analisis selanjutnya berdasarkan faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) perusahaan, di mana lokasi yang strategis menjadi faktor kekuatan utama dan maintenance operasional kurang efisien menjadi faktor kelemahan yang utama pada sales counter JNE Gaplek. Sedangkan faktor peluang utama sales counter JNE Gaplek yaitu pergeseran perilaku belanja masyarakat dan faktor ancaman utama yaitu loyalitas pelanggan terhadap layanan perusahaan pesaing. Berdasarkan hasil analisis matriks IE menunjukkan bahwa posisi sales counter JNE Gaplek berada pada kuadran V (hold and maintain) sehingga strategi yang tepat dilakukan adalah strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleFormulasi Strategi Bersaing Sales Counter Jasa Kurir Pengiriman Paket JNE Gaplek Dalam Meningkatkan Share Profit Kemitraanid
dc.title.alternativeCompetitive Strategy Formulation of Courier Service Package Delivery Sales Counter JNE Gaplek in Increasing Partnership Profit Sharesid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordcompetitive strategyid
dc.subject.keywordEFEid
dc.subject.keywordIEid
dc.subject.keywordIFEid
dc.subject.keywordIPAid
dc.subject.keywordJNE sales counterid
dc.subject.keywordporter’s five forcesid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record