Show simple item record

dc.contributor.advisorSuroso, Arif Imam
dc.contributor.advisorNajib, Mukhamad
dc.contributor.authorLatief, Wilman
dc.date.accessioned2021-03-31T13:39:30Z
dc.date.available2021-03-31T13:39:30Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106473
dc.description.abstractPerilaku dual screen yang melanda masyarakat Indonesia mendorong Tiket.com gencar melakukan promosi iklan di media TV dan Youtube. Penayangan iklan pada media konvensional dan digital ini membuat Tiket.com harus mengetahui respon dan perilaku konsumen saat melihat iklan mereka, agar dapat merumuskan strategi komunikasi pemasaran yang tepat pada setiap kanal media guna mendapatkan keunggulan dan keuntungan bisnis. Untuk mengetahui efektivitas iklan dan faktor yang mempengaruhi pembelian konsumen, peneliti menggunakan pendekatan EPIC Model, Consumer Decision Model (CDM), dan Analisis Korelasi Kanonik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, dengan metode survei melalui bantuan kuesioner. Dalam pemilihan sampel, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dengan total responden sebanyak 82 orang. Para responden tersebut merupakan warga Jakarta, berusia 20 – 37 tahun, telah berkerja, dan pernah menonton iklan dan membeli di tiket.com. Berdasarkan perhitungan EPIC Model, iklan Tiket.com pada TV memiliki nilai EPIC rate 2.71, atau menunjukan hasil efektif. Sementara pengukuran efektivitas iklan Televisi dengan CDM menunjukkan bahwa (1) pesan iklan berpengaruh postif signifikan terhadap pengenalan merek (2) pesan iklan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan konsumen (3) pesan iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen (4) pengenalan merek memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan konsumen (5) pengenalan merek memiliki pengaruh positif signifikan terhadap sikap konsumen (6) kepercayaan konsumen memiliki pengaruh positif signifikan terhadap niat beli (7) sikap konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli (8) niat beli memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pembelian nyata. Dan hasil perhitungan untuk Nilai R Square pada variabel Pembelian Nyata didapatkan hasil sebesar 0,449. Sedangkan ntuk faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian r, berdasarkan pengujian korelasi kanonik dapat disimpulkan bahwa hubungan yang terjadi adalah tingginya status sosial (X1), teman (X2), keluarga (X3), besar pengeluaran (X4), kepribadian (X9), kepercayaan (X10), gaya hidup (X11), iklan (X12), media informasi (X13) akan mempengaruhi besarnya pembelian nyata modern (Y1), pembelian nyata kesan (Y2), pembelian nyata karakter (Y3), pembelian nyata mudah (Y4), pembelian nyata singkat (Y5). Sedangkan hasil efektivitas iklan Tiket.com pada Youtube dengan menggunakan EPIC Model memilik nilai EPIC rate sebesar 2.30, atau tidak efektif. Sementara hasil perhitungan CDM, menunjukkan bahwa (1) pesan iklan berpengaruh postif signifikan terhadap pengenalan merek (2) pesan iklan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan konsumen (3) pesan iklan berpengaruh positif signifikan terhadap sikap konsumen (4) pengenalan merek memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan konsumen (5) pengenalan merek memiliki pengaruh positif signifikan terhadap sikap konsumen (6) kepercayaan konsumen memiliki pengaruh positif signifikan terhadap niat beli (7) sikap konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli (8) niat beli memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pembelian nyata. Dan hasil perhitungan untuk Nilai R Square pada variabel Pembelian Nyata didapatkan hasil sebesar 0,825. Sedangkan untuk faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian responden yang melihat iklan tiket.com di Youtube dari pengujian korelasi kanonik, dapat disimpulkan bahwa hubungan yang terjadi adalah tingginya status sosial (X1), teman (X2), keluarga (X3), besar pengeluaran (X4), harga (X5), pengetahuan atribut (X8), kepribadian (X9), kepercayaan (X10), gaya hidup (X11) akan mempengaruhi besarnya pembelian nyata modern (Y1), pembelian nyata kesan (Y2), pembelian nyata karakter (Y3), pembelian nyata mudah (Y4), pembelian nyata singkat (Y5). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka implementasi manajerial yang dapat diambil TIKET.COM ialah Produsen dapat membuat konsep iklan yang berbeda untuk ditayangkan pada TV dan Youtube pada iklan berikutnya serta produsen juga perlu menemukan strategi komunikasi iklan yang tepat di masing-masing platform media sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dan sikap konsumen terhadap merek tiket.comid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisa Efektivitas Iklan Televisi dan Youtube Tiket.com serta Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelianid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordEffectivenessid
dc.subject.keywordAdvertisingid
dc.subject.keywordTelevisionid
dc.subject.keywordYoutubeid
dc.subject.keywordConsumen Behaviourid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record