Show simple item record

dc.contributor.advisorVirianita, Ratri
dc.contributor.authorFitrayadhi, Salma Ainunnisa
dc.date.accessioned2021-03-31T05:50:46Z
dc.date.available2021-03-31T05:50:46Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106466
dc.description.abstractOperasi pabrik semen di wilayah pegunungan Kendeng menimbulkan gerakan perlawanan petani Kendeng yang banyak diberitakan oleh media. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana identitas sosial dan keikutsertaan digambarkan oleh media dan bagaimana keduanya berkaitan dalam gerakan perlawanan petani Kendeng. Penelitian mengguakan analisis isi kuantitatif dan kualitatif framing menurut Gamson (1992). Sumber data berasal dari 33 berita daring pada masing-masing situs Kompas.com, Antaranews.com, dan Mongabay.co.id pada Maret 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara pesan identitas sosial dan keikutsertaan dalam gerakan perlawanan petani Kendeng pada pemberitaan (rs = 0.667, p < 0.01). Hal ini membuktikan bahwa identitas sosial berperan mendorong keikutsertaan dalam gerakan perlawanan petani. Pesan identitas sosial juga memiliki hubungan signifikan dengan tahapan framing pemberitaan gerakan perlawanan petani (rs = 0.418, p < 0.05). Dapat dikatakan bahwa pesan identitas sosial berperan penting dalam membangun tindakan kolektif sebagai tahap akhir dari framing pemberitaan gerakan perlawanan petani. Namun, pesan keikutsertaan berhubungan lemah dan tidak signifikan dengan tahapan framing pemberitaan gerakan perlawanan petani (rs = 0.239, p > 0.05), yang artinya bahwa pesan keikutsertaan dalam pemberitaan hanya berperan dalam proses penyadaran isu sebagai masalah sosialid
dc.description.abstractCement factory operated in the Kendeng mountainous region has led to Kendeng peasant resistance movement which has been widely reported in the media. This study aims to analyze how social identity and participation are described by the media and how they are related to the Kendeng peasant resistance movement. The research used both quantitative content analysis and qualitative framing analysis according to Gamson (1992). The data obtained from 33 online news from the respective sites of Kompas.com, Antaranews.com, and Mongabay.co.id in March 2017. The results showed that there is a significant correlation between social identity and participation messages in the Kendeng peasant resistance movement on news (rs = 0.667, p <0.01). This proves that social identity plays a role in encouraging participation in the peasant resistance movement. Social identity messages also have significant correlation with the framing stages of the peasant resistance movement news (rs = 0.418, p <0.05). It can be said thet social identity messages plays an important role in enhancing collective action as the final stage of framing the news of peasant resistance movement. As for, participation messages have weak and unsignificant correlated to the framing stages of peasant resistance movement news (rs = 0.239, p> 0.05) which means that participation messages in a news report only plays a role in raising awareness of social problem issuesid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Identitas Sosial dan Keikutsertaan pada Gerakan Perlawanan Petani (Suatu Analisis Isi dan Framing Pemberitaan Gerakan Perlawanan Petani Kendeng pada Mongabay.co.id, Kompas.com, dan Antaranews.com)id
dc.title.alternativeAnalysis of Social Identity and Participation in the Peasant Resistance Movementid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordFramingid
dc.subject.keywordPeasantid
dc.subject.keywordSocial Identityid
dc.subject.keywordSocial Movemeid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record