Show simple item record

dc.contributor.advisorNajib, Mukhamad
dc.contributor.advisorSaptono, Imam Teguh
dc.contributor.authorIbnu Rahman, Muhammad Qulki
dc.date.accessioned2021-02-28T14:42:35Z
dc.date.available2021-02-28T14:42:35Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106132
dc.description.abstractFaktor Yang Mempengaruhi Bauran Pemasaran Konsep Pendanaan Perusahaan Startup di Indonesia. Dibimbing Oleh MUKHAMAD NAJIB dan IMAM TEGUH SAPTONO. Pendanaan merupakan salah satu kebutuhan dari setiap bisnis, terutama bisnis kecil jenis startup. Berbagai macam kesulitan telah dihadapi oleh bisnis startup dalam kegiatan pendanaannya. Kesulitan itu masih ada meskipun telah banyak pilihan yang dimiliki oleh bisnis startup dalam memenuhi kebutuhan pendanaannya. Keberadaan bisnis startup dapat dijadikan sebagai sarana peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan oleh pembukaan lapangan kerja yang timbul dari kegiatan bisnis startup. Keberhasilan pendanaan yang dilakukan oleh bisnis startup akan berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia dari sisi ekonomi. Pemahaman inilah yang dijadikan sebagai latar belakang penelitian. Pelaksanaan penelitian tersebut dilakukan dalam dua pengerjaan. Pengerjaan pertama adalah penelitian mendalam terkait gambaran investor bisnis startup di Indonesia. Pengerjaan berikutnya adalah penelitian terkait perilaku investor yang berpengaruh terhadap pembentukan strategi pemasaran konsep pendanaan yang dibuat oleh bisnis startup. Penerapan strategi pemasaran yang efektif bagi pendanaan bisnis startup dapat diciptakan berdasarkan hasil kedua penelitian tersebut. Upaya ini dilakukan untuk penyelesaian permasalahan pendanaan bisnis startup melalui peluang baru yang tersedia di lapangan. Data penelitian yang digunakan sebanyak 145 angket yang dihimpun secara online. Penelitian terkait gambaran investor bisnis startup dilakukan dengan teknik analisis deskriptif. Penelitian terkait perilaku investor yang berpengaruh terhadap pembentukan strategi pemasaran dikerjakan dengan teknik analisis SEM (Structural Equation Modeling). Temuan di lapangan menyatakan bahwa peluang baru pendanaan bisnis startup dapat diperoleh dari investor penduduk Indonesia berusia antara 26 hingga 35 tahun. Gambaran lain dari investor ini adalah latar belakang pendidikan yang memadai (S1) dengan semangat kewirausahaan yang tinggi. Terdapat tiga perilaku investor yang berpengaruh terhadap pembentukan strategi pemasaran pendanaan bisnis startup. Ketiga hal tersebut adalah kemampuan berbisnis pengusaha, kendali yang dimiliki oleh calon investor atas bisnis tersebut, dan ketersediaan dana yang mampu diberikan oleh calon investor kepada pengusaha. Selain itu, bentuk pendanaan yang sesuai untuk bisnis startup adalah secara internal dengan berbasis modal. Penerapan strategi pemasaran pendanaan bisnis startup dapat dilakukan dengan urutan penjelasan bauran pemasaran physical evidence, product, price, process, place, promotion, dan people. Persiapan yang dapat dilakukan oleh bisnis startup diantaranya adalah penguasaan keterampilan terkait pengadaan barang atau jasa yang akan ditawarkan, jumlah kerabat atau keluarga sebagai calon investor yang memadai, dan penerapan ilmu dasar pengelolaan usaha dalam kegiatan bisnisnya.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleFaktor Yang Mempengaruhi Bauran Pemasaran Konsep Pendanaan Perusahaan Startup di Indonesiaid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordmarketing mixid
dc.subject.keywordstartup businessid
dc.subject.keywordfinancing activityid
dc.subject.keywordinvestment decisionid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record