Pengaruh Perceived Behavioral Control, Motivasi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Komsumsi Kopi di Era Covid-19
Date
2021-01-28Author
Adiwinata, Novie Nostalgia
Sumarwan, Ujang
Simanjuntak, Megawati
Metadata
Show full item recordAbstract
Pada masa pandemi COVIDCovid-19 ini yang terjadi adalahnya perubahan perilaku konsumsi masyarakat akibat adanya aturan PSBB yang membuat terbatasnya beraktivitas di luar rumah dan. Ini membuat perekonomian negara terguncang dan termasuk ini dirasakan oleh semua industri termasuk industri minuman kopi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh perceived behavioral control, motivasi, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi dan merumuskan implikasi manajerial yang dapat diterapkan bagi industri minuman kopi dalam pengelolaan aktivitas pemasaran pada masa pandemi CovidCOVID-19. Desain Ppenelitian ini adalah menggunakan desain cross sectional studysurvey dengan pendekatan kuantitatifdesign. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan sosial media. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah voluntary sampling dengan jumlah responden sebanyak 200 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Modeling (SEM). Hasil yang diperoleh adalah motivasi dan gaya hidup berpengaruh positif signifikan terhadap variabel perilaku konsumsi sedangkan, variabel perceived behavioral control tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku konsumsi. Implikasi manajerial yang dapat diberikan ialah produsen dapat selalu konsisten menjaga mutu produk, selalu menerapkan inovasi terbaru pada produk minuman kopi agar lebih bervariasi, dan meningkatkan promosi produknya dengan memanfaatkan sosial media atau event-event.
Kata kunci: gaya hidup, kopi, motivasi, perceived behaviour control, perilaku konsumsi.
Collections
- MT - Business [1567]